IAINUonline – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Makhdum Ibrahim Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban menggelar pendidikan dan latihan jurnalistik. Diklat ke-7 tersebut terasa istimewa, karena bukan hanya melibatkan para anggota LPM dan mahasiswa IAINU Tuban sendiri, namun juga mengajak masyarakat dan siswa.

‘’Jadi ada peserta dari siswa SMA sederajat dan peserta umum. Diklat ini sekaligus pengukuhan anggota baru LPM Makhdum Ibrahim,’’ ujar Ketua LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban Wahyu Lailatin Nur Farikha.

Acara yang dibuka oleh Pembina LPM Makhdum Ibrahim M. Zaqin berlangsung selama satu hari penuh, mulai pagi sampai malam di lantai 1 Gedung Makhdum Ibrahim kompleks kampus IAINU Tuban, Jalan Manunggal Tuban.

Ada tiga materi yang diberikan pada peserta, yakni materi jurnalistik yang disampaikan Sri Wiyono, S.Ag, Pimpinan Redaksi media online blokTuban.com. kemudian materi esai yang dibawakan oleh penulis dan akademisi Dr. Sariban (Cak Sariban) dan materi sastra yang disampaikan penulis muda Alief Irfan.

Yang menarik, setelah diklat, akan ada tindaklanjut untuk membuat diskusi dan mengembangkan ide-ide dan gagaran tentang dunia literasi. Sehingga, diklat tidak hanya selesai di dalam kelas saja.

‘’Para peserta nanti akan menulis, terserah dalam bentuk esai, puisi, cerpen atau lainnya, dan akan dibukukan,’’ terang M.Zaqin.

Dia berharap dengan diklat tersebut nanti bakal muncul penulis-penulis dari Tuban.

Sedang Wahyu Lailatin Nur Farikha menambahkan, diklat ini selain untuk mengenalkan LPM Makhdum Ibrahim dan kampus IAINU Tuban pada siswa dan masyarakat, juga untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota LPM Makhdum Ibrahim dalam menulis. Begitu juga dengan siswa dan masyarakat umum yang ikut diklat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.