PAI

S1-PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah salah satu Program Studi Terakreditasi BAN-PT di IAINU Tuban yang berdiri pada tahun 1989 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 58 tertanggal 11 Maret 1989. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terakreditasi BAN-PT dengan No. 039/SK/BAN-PT/Akred/S1/II/2015. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAINU Tuban menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan pendidik yang berwawasan luas, berfikir dan bersikap kritis serta menanamkan nilai-nilai Social Entrepreneur dan karakter ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah.

Visi

Menjadi Program Studi Unggul Dalam Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi Yang Mampu Menghasilkan Sarjana Pendidikan Agama Islam Yang Berwawasan Religius Sosial Entrepreneur dan berkarakter Ahlusunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah

Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan untuk mempersiapkan Sarjana Pendidikan Agama Islam Yang berwawasan luas, berpikir dan bersikap kritis serta menanamkan nilai-nilai social entrepreneur dan karakter ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam secara ilmiah dan sistematis.
  3. Mengembangkan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bidang Agama Islam untuk kepentingan agama dan masyarakat berbasis ajaran Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyah.
  4. Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga pada tingkat lokal, nasional dan internasional dalam bidang Pendidikan Agama Islam dalam mempersiapkan lulusan yang yang berwawasan Religius Social Entrepreneur.
Kompetensi Program Studi

Edupreneur

Memiliki kepekaan melihat potensi dalam mengembangkan pendidikan formal (madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah dan yang sederajat), maupun non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat) yang melandaskan setiap amaliyahnya sesuai dengan tuntunan agamanya dan menciptakan identitas diri dan kredibilitas pribadi yang mampu menebarkan manfaat bagi manusia dan sesama terhadap Allah SWT

Konsultan Pendidikan

Konsultan yang bertugas memberikan bimbingan, motivasi dan arahan pada bidang Pendidikan Agama Islam jalur pendidikan formal (madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah dan yang sederajat), maupun non formal (madrasah diniyah dan yang sederajat)