IAINUonline – Mahasiswa merupakan bagian dari komunitas kaum muda terdidik yang merupakan kelompok strategis perubah peradaban dan potensial sebagai pengemban misi profetis dimasa yang akan datang.

Perubahan yang ada di negeri ini dan dunia, berawal dari keberanian diri mereka untuk menghadapi tantangan. Kecerdasan intelektual mereka yang mendorong terwujudnya konsolidasi gerakan dalam pendampingan kepada masyarakat.

Sebagai implementasi pengabdian kepada masyarakat Tri Darma Perguruan Tinggi, mahasiswa Fakultas Dakwah Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban mengadakan acara pengabdian masyarakat di Desa Karangasem, Kecamatan Jenu.

Kegiatan digelar Balai Desa Karangasem berupa pelatihan kewirausahaan. Tujuannya untuk meningkatkan  perekonomian islami masyarakat Desa Karangasem. Mengapa memilih Desa Karangasem? Sebab, warga desa ini berpotensi dalam berbisnis  berjualan dan sangat produktif.

Pemateri pada pelatihan kewirausahaan adalah Ifa Ridlwan  dan Ali Ridlwn owner Gallery Alifana. Pelatihan diikuti oleh oleh anggota Fatayat NU, IPNU, IPPNU dan masyarakat Desa Karangasem sebanyak 23 orang.

Pelatihan ini adalah bentuk hasil tugas dari mata kuliah Manajemen Fundraising yang diampu oleh dosen Dian Rustya M.Pd sebagai tugas akhir di semester 4 ini.

Ketua panitia kegiatan Risma mengatakan,  dengan adanya kegiatan pelatihan ini, peserta yang memiliki usaha makin bisa mengembangkan usahanya dengan berbekal materi-materi pelatihan.

‘’Untuk peserta yang belum memiliki usaha menjadi semangat dan berikhtiar merintis usahanya,’’ katanya.

Sedang Ketua Himaprodi Manajemen Dakwah Inayah menyampaikan, dari pelatihan kewirausahaan ini, masyarakat atau peserta yang hadir diharapkan dapat mengolah dan mengaplikasikanya dalam produk yang sudah dimiliki.

“Semoga produk yang belum bisa sampai ke berbagai kota setelah pelatihan ini bisa sampai ke berbagai kota. Saya berharap produk-produk dari peserta kemarin bisa lebih meningkat lagi mungkin dari strategi penjualan ataupun membenahi kemasan produk agar lebih menarik,’’ pesan Ifa Ridlwan, salah satu pemateri.(*)

 

Penulis : Akhsanu Amala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.