IAINUonline – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1444 H, ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Hidayatun Najah  (Hijah) Tuban pada Sabtu (06/08/2022) melaksanakan pawai ta’aruf, santunan anak yatim, dan bazar bunda-bunda paguyuban.

Acara dibuka oleh Ustadz M. Fauzi, S. Pd., M.A pengurus BP3MNU. Dalam sambutannya di hadapan ratusan siswa sebelum pawai diberangkatkan, maksud dan tujuan gebyar peringatan tahun baru islam kali ini yang dikemas dalam pawai ta’aruf.

“Tujuan pawai ta’aruf ini untuk mengenalkan kepada siswa dan masyarakat akan datangnya  tahun baru hijriyah. Anak jaman sekarang bukan hanya harus hafal bulan masehi, tetapi sebagai generasi islami kita juga harus hafal bulan-bulan hijriyah,“ ujarnya.

Di sela-sela sambutannya, ustadz Fauzi ingin melihat kemampuan siswa-siswa apakah ada yang sudah hafal urutan bulan-bulan hijriyah atau tidak. Lalu dia menawarkan kepada anak-anak untuk tampil di depan panggung dengan melafalkan bulan-bulan hijriyah dengan benar. Suasana terlihat seru dan asyik saat anak-anak rebutan untuk ditunjuk ke depan.

Pawai ta’aruf mulai berjalan dengan diiringi tongklek khas Tuban. Tak hanya anak-anak yang ikut, melainkan ayah-bunda serta ustadz-ustadzahnya juga turut mendampinginya. Memakai busana sesuai tema masing-masing menambah kemeriahan acara. Masyarakat yang dilalui pawai ta’aruf juga sangat antusias menyaksikan.

Satu jam kemudian, rombongan pawai kembali di titik start dan langsung memburu jajanan bazar yang sudah disiapkan oleh ayah-bunda paguyuban kelas masing-masing. Rebutan jajan sana sini agar dapat membeli untuk mengobati dahaga dan lelah mereka.

Setelah menikmati beberapa jajanan dan istirahat sebentar, dilanjutkan santunan anak yatim kepada siswa siswi MINU Hijah oleh beberapa pengurus BP3MNU dan juri pawai ta’aruf.

Dilanjut pengundian kupon pawai ta’aruf, sebab  di tengah perjalanan dibagikan kupon untuk mendapatkan beberapa doorprize.

Di akhir acara, panitia mengumumkan untuk juara pawai ta’aruf. Untuk juara satu dimenangkan oleh kelas 3 A, juara kedua kelas 4 A, dan juara tiga  kelas 5.(*)

 

Penulis : Nur Rohmah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.