PORSENI MI : Porseni Tingkat MI Dibuka Kemenag


IAINUonline – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tuban Sahid membuka pekan olahraga dan seni (Porseni) tingkat madrasah ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Tuban. Ada pesan yang dia berikan untuk penyelenggara dan juri.

Sebanyak 225 MI di seluruh Kabupaten Tuban baik swasta ataupun negeri mengikuti pembukaan ini Sabtu (13/11/2021). Pembukaan digelar di halaman MIN 1 Tuban.

Kakankemenag memberikan sambutan pengarahan serta motivasi agar pelaksanaan Porseni dapat berjalan lancar dan sukses. Ia berpesan kepada Panitia supaya mengawasi venue-venue lokasi lomba.

“Mohon dilaksanakan secara terbuka, tidak ada like and dislike. Dewan juri supaya jujur dan adil, jangan ada sesuatu yang merugikan peserta,” ujarnya.

Ia mengajak untuk menjaga martabat.

“Tunjukkan madrasah hebat di bidang olahraga, gali potensi anak-anak tunjukkan bakat masing-masing sesuai keahlian, dan yang terpenting tetep prokes” tuturnya.

Menurutnya, lomba ini menjadi ajang pembelajaran, terutama dalam hal olah pikir, olah hati, olahraga, serta pengembangan sikap, seperti sikap saling menghargai, dan solidaritas. “Kegiatan ini merupakan momen tepat bagi anak-anak kita untuk berkreasi, berinovasi, dan berprestasi,” ujar Sahid.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Hadi Sarjono menambahkan Porseni MI  merupakan kegiatan yang bersifat kompetisi dibidang olahraga dan seni antar siswa MI dalam lingkup wilayah Kemenag Tuban.

“Sasaran kegiatan ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta yang memiliki prestasi terbaik di bidang olahraga dan seni sebagai hasil seleksi di tingkat sebelumnya,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Ibtidaiyah, Hudan Mabruri menjelaskan, Porseni MI  diikuti 26 peserta dari tiap kecamatan, untuk berlomba mengasah kemampuan di 13 cabang porseni yang dilombakan.

“Ada cabang pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, bahasa Inggris, baca puisi, tahfid, MTQ, menyanyi lagu islami, lukis, kaligrafi, catur, lari, bulu tangkis dan tenis meja, semua lomba dilaksanakan secara offline,” paparnya.

Dengan varian cabang yang dilombakan, bertujuan membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi potensi siswa MI agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing serta menumbuhkembangkan kreativitas siswa.

Ada beberapa titik pelaksanaan lomba yakni di MIN 1 Tuban, Kantor Kemenag Tuban, GOR dan Lapangan Semen Tuban.

Bagi juara pertama berhak untuk menjadi peserta Porseni di tingkat provinsi sebagai delegasi kontingen kemenag Tuban. Sedang juara umum berhak mendapatkan piala bergilir dari kemenag.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.