VIRTUAL ; Pemberangkatan KKN IAINU Tuban Secara Virtual


IAINUonline – Hari ini, Senin (2/8/2021) Rektor Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban Akhmad Zaini, S.Ag, M.Si memberangkatkan para mahasiswa yang bakal melaksanaan kuliah kerja nyata (KKN).

Pemberangkatan dilakukan secara virtual yang diikuti oleh Rektor, LPPM, para Dekan, dosen pendamping lapangan (DPL) serta para mahasiswa yang bakal turun ke lapangan.

Akhmad Zaini menjelaskan, esensi KKN adalah melaksanakan pengabdian di lapangan, di tengah-tengah masyarakat secara langsung. Karena itu, para mahasiswa harus bisa menjaga diri, dan menjaga tradisi serta kearifan lokal yang ada di tengah masyarakat.

Mahasiswa terlibat langsung dalam kehidupan dan kegiatan di masyarakat. Sehingga, para mahasiswa yang merupakan kaum terpelajar bisa bergaul dan membaur di tengan masyarakat untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang sudah ada serta mengabdi di masyarakat.

‘’Karena idealnya kalangan inetelektual itu bukan borjuis tapi mau turun ke masyarakat. Kaum terpelajar tidak berfikir untuk dirinya sendiri, namun mau turun ke masyaakat untuk menciptakan kebaikan dan kemaslahatan-kemaslahatan bersama,’’ ujarnya.

Karena itu, Rektor berpesan pada mahasiswa untuk tidak egois yang hanya memikirkan diri sendiri. Masyarakat, lanjut Zaini, punya kearifan dan punya potensi, sehingga mahasiswa cukup melengkapi dengan teori dan bersama untuk mengenbangkan bersama masyarakat.

Pandemi Covid, lanjut mantan wartawan Jawa Pos ini, banyak mengajarkan manusia, termasuk pemerintah, bawah  yang selama ini hanya berorientasi pada kota,  justru kota malah yang terkena pandemi parah.

Saat ini, hampir tidak ada lagi perbedaan antara desa dan kota. Perbedaan itu, juga hambatan-hambatannya bisa dipangkas dengan tehnologi. Untuk KKN tahun ini, meski teknis tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya, namun esensi KKN yakni sebagai kaum terpelajar yang berada di tengah masyarakat harus benar-benar dipahami.

‘’Jangan berfikir untuk diri sendiri, buatlah maslahah di masyatakat. Saya sangat berharap semua alumni IAINU karena juga dibekali ilmu agama, menjadi bagian yang memecahkan masalah. Jangan sebaliknya sibuk atau selalu menciptakan masalah, ini akan menjadi beban masyarakat. Ilmu yang yang dimiliki diamalkan untuk kemaslahatan,’’ kata Rektor.

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAINU Tuban Sholikah, M.PdI menerangkan tahun ini KKN diikuti 306 mahasiswa, mereka tersebar di seluruh Kabupaten Tuban.

‘’Buatlah perubahan  bersama masyarakat, karena sekecil perubahan yang dilakukan akan sangat bermanfaat untuk masyarakat,’’ pesan dia.

Sholikah menambahkan, LPPM sebagai pelaksana KKN tahun ini, mengambil konsep KKN tematik dengan tema “Edukasi dan Sosialisasi sebagai media penguatan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19”.

Kegiatan KKN akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 31 Agustus 2021 sesuai dengan wilayah yang sudah dibagikan. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat di lingkungan domisili mahasiswa.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.