MAHASISWA IAINU : Mahasiswa KKN IAINU Tuban Dampingi Penyaluran BST


IAINUonlineSehari setelah kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Tematik 2021 dibuka dan diresmikan oleh Ketua LPPM dan Rektor Institu Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, masing-masing mahasiswa langsung terjun di desanya masing-masing.

Di Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, salah kegiatan peserta KKN adalah turut membantu penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST). Purwanti merupakan salah peserta KKN Tematik 2021 dari Desa Wolutengah Kecamatan Kerek.

Ia bersama dengan mahasiswa lain di kelompoknya, turut membantu perangkat desa Wolutengah dalam proses pembagian BST. Penerima BST yang ada di Desa Wolutengah berjumlah 168 keluarga penerima manfaat (KPM).

‘’Mengingat saat ini pemerintah sedang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka proses pembagian BST dilakukan secara bergiliran,’’ ujar Purwanti.

Selain itu, masyarakat yang hendak mengambil BST, diwajibkan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Pemberlakuan giliran dan memakai masker dalam pengambilan BST ini dilakukan dalam rangka turut mendukung program pemerintah dalam usaha pencegahan Covid-19.

Sementara, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) di desa ini, Nurul Hakim mengatakan, KKN merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Strata 1 (S-1). Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib. Karena, KKN menjadi salah satu matakuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa.

Jika matakuliah selain KKN ditempuh di dalam kelas, maka KKN ditempuh oleh mahasiswa di dalam masyarakat. Mahasiswa langsung membaur bersama masyarakat. KKN di lingkungan IAINU Tuban pada waktu sebelum dua tahun ini, dilaksanakan secara tatap muka.

Diberangkatkan dan dibuka secara massal oleh pejabat di lingkungan IAINU Tuban dan pejabat wilayah kecamatan yang menjadi objek KKN. Akan tetapi, KKN pada tahun 2021 dan tahun sebelumnya, 2020, tidak bisa diberangkatkan dan dibuka secara massal.

Mengingat, kondisi tahun 2021 ini negara Indonesia masih diselimuti oleh pandemi Covid-19. Rektorat IAINU Tuban menugaskan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang dikomandani  (kandidat) Dr. Sholikah, M.Pd.I mengambil format KKN tahun 2021 dengan format KKN Tematik.

KKN Tematik mengandung maksud setiap mahasiswa dalam menjalankan program KKN berfokus di lingkungannya masing-masing dan dengan menerapkan standar protokol kesehatan. (*)

 

Penulis : Nurul Hakim

Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.