DIBERANGKATKAN : para atlet NPCI Tuban Diberangkatkan


IAINUonline – Kabupaten Tuban turun di ajang Pekan Paralimpiade Provinsi (Peparprov) Jatim I tahun 2021. Sebanyak 12 atlet yang tergabung National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) yang akan berlaga.

Kamis (20/05/2021) ke-12 atlet tersebut diberangkatkan secara oleh Sekda Tuban Budi Wiyana dari halaman kantor pemkab setempat. Pemberangkatan kontingen Tuban ini juga disaksikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban Sulistiyadi dan Pembina NPCI Tuban, Zainal Maftuhien.

Sekda Budi Wiyana meminta agar para atlet menjunjung tinggi sportivitas dan berjuang sekuat tenaga untuk meraih prestasi tertinggi. Sebab, mereka berlaga membawa nama Kabupaten Tuban. Mereka ditargetkan bisa masuk 10 besar dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

“Kontingen NPCI Kabupaten Tuban diharapkan mampu membawa nama harum Kabupaten Tuban,” ujar Sekda.

Pemkab Tuban, lanjut Sekda, akan mengupayakan penghargaan dan reward bagi atlet NPCI yang meraih medali. Akan dirumuskan persyaratan dan teknis pemberian penghargaan bagi atlet berprestasi.

Selain berkompetisi, altet NPCI Tuban juga menjadi Duta Kabupaten Tuban untuk mempromosikan potensi di bumi wali. Tidak hanya itu, juga menyerap hal-hal positif terkait pengembangan difabilitas di daerah lainnya agar dapat diadopsi di kabupaten Tuban.Saat ini Pemkab Tuban tengah merancang Perda terkait Difabilitas.

“Ini wujud perhatian dan dukungan Pemkab Tuban dalam memberikan wadah ekspresi dan aktualisasi diri bagi rekan-rekan difabel,” kata mantan Kepala Bappeda Tuban ini.

Kepala Disparbudpora mengatakan, pada Peparprov Jatim tahun 2021, atlet NPCI Tuban hanya berlaga di dua cabang olahraga yaitu atletik dan catur. Kejuaraan ini menjadi ajang bagi atlet NPCI Tuban untuk mengoptimalkan kemampuan masing-masing.

“Sekaligus mengetahui potensi atlet yang akan dikembangkan di masa mendatang,” tuturnya.

Sulistiyadi menerangkan, Peparprov Jatim tahun 2021 akan digelar mulai tanggal 20-24 Mei 2021 di Surabaya. Para atlet akan berjuang memperebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Timur untuk menuju Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021 di Papua.

Sementara itu, Pembina NPCI Tuban Zainal Maftuhien menambahkan, atlet NPCI yang dikirim telah mengikuti pemusatan pelatihan kurang lebih 2 bulan. Dia yakin pada Peparprov Jatim tahun ini, NPCI Tuban mampu meraih hasil yang baik.

“Melihat pengalaman tahun 2019 prestasi kita bisa dapat emas di Kejurprov. Jadi ada peluang untuk berprestasi bagus kali ini,” katanya.

Atlet yang berprestasi di ajang ini akan masuk tim Puslatda Jatim. Persiapan dan latihan yang dilakukan oleh NPCI Tuban selama ini sangat baik. Sehingga, Zainal optimis ada atlet Tuban yang masuk.

‘’Peluang sangat terbuka, kita sudah persiapkan matang para atlet ini sejak lama,’’ tandasnya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.