ANTREAN HAJI : Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban Umi Khulsum


IAINUonlineDaftar tunggu atau waiting list untuk pemberangkatan calon jemaah haji (CJH)

Di Kabupaten Tuban sangat panjang. Sesuai data yang ada, daftar tunggu 31 sampai 32 tahun. Artinya, mendaftar sekarang kemungkinan berangkat 31 atau 31 tahun lagi.

“Antrean keberangkatan haji di Kabupaten Tuban sekitar 31 sampai 32 tahun. Sedang jumlah pendaftar terus bertambah,” ujar Kasi Penyelengara Haji dan Umroh kantor Kemenag Tuban Umi Khulsum.

Umi menjelaskan, mundurnya masa tunggu keberangkatan CJH itu salah satunya dikarenakan dampak pandemi Covid-19, yang mana pemerintah memutuskan meniadakan penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2020.

Dijelaskan, setiap tahun pendaftar haji di Kabupaten Tuban sangat tinggi, sekitar 5.000 CJH. Sedangkan kuota keberangkatan per tahun hanya sekitar 1.000 CJH lebih.

“Berdasarkan waiting list di Kabupaten Tuban sampai pada akhir Desember tahun lalu sebanyak 37 ribu CJH lebih,” tambahnya.

Sementara itu, selama tahun 2021 ini pendaftar haji reguler berjumlah 935 orang. Dengan rincian; pendaftar bulan Januari sebanyak 250 orang, bulan Februari sebanyak 211 orang, bulan Maret sebanyak 226 orang, bulan April sebanyak 198 orang dan bulan Mei sebanyak 50 orang.

Persyaratan pendaftaran haji di PLHUT membawa berkas dari bank (berkas validasi), fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi rekening, fotokopi surat nikah/akte/ijazah, cek golongan darah, tinggi dan berat badan, Foto haji 80 persen tidak boleh pakai kacamata.

Untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji di Kabupaten Tuban 2021, lanjut ketua PC Fatayat Tuban tersebut, Kemenag masih menunggu keputusan pemerintah pusat perihal pelaksanaan pemberangkatan CJH.

“Kami masih menunggu keputusan resmi pemerintah pusat. Apakah pada masa pandemi Covid-19 ini jadi berangkat 100 persen, 50 persen atau 25 persen kembali keputusan ada di pusat, daerah siap melaksanakan,’’ katanya.

Meski masih menunggu putusan pemerintah dan Arab Saudi, Kantor Kemenag Tuban tahun ini telah menyiapkan kuota 1.296 CJH. Sebab seluruh dokumen CJH sudah lengkap dan sudah terkirim ke Kakanwil Kemenag Jatim.[*]

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.