KAJIAN BAKDA ZUHUR : Setiap Usai Salat Zuhur ada Kajian Terkait Ramadan


IAINUonline – Sebagaimana masjid atau musala lainnya, di waktu Ramadan juga marak dengan kegiatan keagamaan. Begitu juga dengan masjid Darul Ilmi kompleks kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban.

Masjid ini juga tak mau kalah marak. Salah satu kegiatannya adalah kajian habis salat Zuhur. Kajian yang diberinama kultum bakda Zuhur itu membahas berbagai hal terkait  Ramadan.

Seperti misalnya bagaimana cara membiasan atau mendidik anak dengan kebiasaan puasa. Sebba, manfaatnya sangat banyak.  Materi ini disampaikan Drs. Imam Supardi, M.ThI sebagai pembuka kajian kultum bakda Zuhur. Sebab, mengikuti kalender pendidikan, IAINU juga libur satu minggu di awal Ramadan.

Imam Supardi yang juga Wakil Rektor I IAINU Tuban ini mengatakan, selanjutnya selesai salat Zuhur akan dilakukan kajian singkat seperti itu.

Beberapa nara sumber yang akan mengisi kajian tersebut di antaranya KH.Fathul Amin, M.PdI yang juga Wakil Rektor II IAINU Tuban. Kemudian ada Moh. Mundzir MA, Muslimin S.Pd, M.Pd dan KH.Miftahul Asror, MA. Selain itu ada M.Soleh dan Nur Sam.

Sedangkan tema materi yang dikaji antara lain; membangun aset rumah tangga dengan membiasakan anak berpuasa yang sudah disampaikan Imam Supardi saat pembukaa kajian.

Lalu ada tema cara agar pahala salat berlipat ganda di bula Ramadan, orang-orang yang rugi dalam bula Ramadan dan langkah meraih cinta Ilahi di bulan Ramadan.

Juga ada tema permasalahan  salat tarawih yang berkembang di masyarakat, kapankah waktu datangnya lailatul qadar, panduan musim dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadan, kreteria muntah yang membatalkan puasa serta meninggal namun memiliki hutang puasa.(*)

Penulis/Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.