IAINUonline – Kelompok 9 KKN Tematik IAINU Tuban Desa Dasin, Kecamatan Tambakboyo melakukan pelesiran ke kelompok tani garam di desa setempat. Lokasi tambak garam di Desa Dasin berada di bagian utara desa. tepatnya di depan pasar bongkaran Desa Dasin di timur jalan.

Pelesiran ini dilakukan dengan maksud untuk menggali data potensi hasil bumi di Desa Dasin yang dapat dijadikan sebagai komoditas guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Desa Dasin.

Garam merupakan benda padat berwarna putih berbenruk kristal yang merupakan kumpulan senyawa dengan komposisi natrium chlorida (80%) serta senyawa lain seperti magnesium chloride, magnesium sulfat, dan calsium Chlorida (Burhanuddin S, 2001).

Lebih lanjut Winarno, 1990 menjelaskan dalam Amalia, 2007 bahwa komponen-komponen penyusun garam sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk menunjang Kesehatan dengan takaran setiap manusia dianjurkan mengkonsumsi garam sekitar 5-15 gram per hari atau 3 kg per tahun.

Jenis garam yang diproduksi oleh sebagian masyarakat Desa Dasin adalah garam solar menurut Desrosier (1988) dalam Amalia (2007). Hal ini dikarenakan proses produksi garam di Desa Dasin ini memanfaatkan energi panas matahari untuk menguapkan air yang dialirkan kemudian ditampung dalam sebuah kolam yang berukuran kurang lebih 25m X 10m X 10cm dengan menggunakan mesin diesel.

“Untuk membuat garam sampai benar-benar matang, diperlukan waktu selama 1 bulan baru bisa dipanen dan melalui beberapa penyaringan, rata-rata setiap panen dapat menghasilkan garam sebesar 150 ton jika penyinaran dan panas matahari tidak terganggu dengan mendung ataupun hujan” ungkap Mundakir salah petani garam di Desa Dasin.

Mundakir menjelaskan bahwa hasil garam langsung dijual begitu saja tanpa melalui proses pengolahan lebih lanjut yang bisa meningkatkan nilai ekonomis komoditas tersebut. Pada bulan Juni harga garam mencapai Rp150 ribu per karung. Namun saat ini harga garam menurun drastis menjadi Rp80 ribu sampai Rp100 ribu per karung.

‘’Hal tersebut dikarenakan hasil panen garam yang semakin melimpah sehingga herga garam mulai menurun,’’ tambahnya.

Selain komoditas garam, komoditas hasil bumi di Desa Dasin ini masih sangat banyak dan belum seluruhnya kami diexplore. Salah satu tujuan KKN Tematik IAINU Tuban kelompok 09 dari divisi kewirausahaan adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sehingga  mahasiswa ini berencana untuk membuat seminar tentang pengelolahan lebih lanjut atas garam. Harapannya masyarakat mendapatkan nilai ekonomi yang lebih baik sehingga pertumbuhan perekonomian masyarakat lebih cepat.(*)

 

Penulis : Kelompok 09 KKN IAINU Tuban

 

 

 

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *