IAINUonline  Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Kalangan dunia pendidikan, juga kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU) di Tuban kehilangan seorang tokohnya. Dr. Sutrisno Rachmad berpulang pada Sabtu (11/12/2021) pagi. Kabar duka langsung menyebar di grup-grup media sosial.

Selama ini, sepak terjang almarhum di dunia pendidikan, di kemasyarakatan dan kalangan NU sangat besar. Sejumlah jabatan pernah disandangnya. Salah satunya adalah pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakankemenag) Jawa Timur. Juga pernah menjadi dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan dosen di Sekolah Tinggil Ilmu Tarbiyah Makdhum Ibrahim (STITMA) Tuban yang sekarang berubah status menjadi Insitut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban.

Di organisasi NU, juga aktif menjadi salah satu pimpinan di Pengurus Cabang (PC) NU Tuban. Juga pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Mabarrot Sunan Bonang, yakni lembaga yang mengelola wisata religi makam Sunan Bonang Tuban.

Jabatan lain yang disandang adalah Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban. Di lembaga mitra bupati dalam mengawal pendidikan di Tuban ini, masa bhaktinya baru habis 2021 ini. Bahkan untuk jabatan Ketua Dewan Pendidikan ini belum serah terima dengan ketua Dewan Pendidikan yang baru.

Sebab, meski sudah terbentuk kepengurusan baru Dewan Pendidikan untuk periode lima tahun mendatang, namun pengurus baru tersebut belum dilantik. Dalam kepemimpinannya, Dewan Pendidikan yang sebelumnya sempat tidak begitu aktif tersebut menjadi lebih hidup dan mewarnai dunia pendidikan di Tuban. Selamat jalan Pak Tris, Panjenengan orang baik. (*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.