IAINUonline – Cangkang telur dan kardus bekas biasanya menjadi sampah. Namun, di tangan yang kreatif, barang-barang bekas tersebut bisa menjadi sesuatu yang bernilai seni.

Itulah yang diajarkan mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN). Mahasiswa KKN di Zona Cendoro Kecamatan Palang

Mengajari siswa-siswa di MI Hidayatus Shibyan, Cendoro untuk memanfaatkan barang-barang bekas tersebut menjadi kerajinan.

Bahan bekas yang digunakan adalah menggunakan kardus dan cangkang telur. Dari kardus bekas yang tidak terpakai ini, Siti Nurjanah, Mohammad Muhyiddin Ma’ruf, Faidah Naely Sukmawati, Sindi Safitriani dan Riya Ainur Riza mengedukasi siswa-siswi untuk membuat kerajinan tangan berupa bingkai foto dan hiasan dinding yang sangat indah.

Kepala MI Hidayatus Sibyan sangat mendukung dan antusias dengan program para mahasiswa KKN ini.

‘’Beliau sangat mendukung sekali dengan kegiatan ini, karena beliau menganggap bahwa edukasi ini sangatlah penting bagi siswa – siswi MI Hidayatus Shibyan, apalagi di situasi dan kondisi saat ini, siswa yang sangat jenuh dengan pembelajaran yang terkesan lebih monoton tidak seperti biasanya,’’ ujar Siti Nurjanah salah satu mahasiswa KKN.

Menurut dia, adanya edukasi pemanfaatan bahan bekas dari mahasiswa KKN ini, siswa-siswi akan jadi kreatif dan terampil dalam memanfaatkan bahan bekas yang ada di sekitar mereka. ‘’Kami berharap setelah adanya edukasi ini siswa-siswi mampu mengembangkan ketrampilan dan bakat mereka dalam mengolah dan memanfaatkan bahan bekas,’’ katanya.(*)

 

Penulis : Siti Nurjanah

Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.