IAINUonline – Unit kegiatan mahasiswa (UKM) El Heera, yang merupakan UKM mahasiswa pecinta alam (mapala) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban ikut terlibat dalam peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia dengan cara yang unik.

Upacara bendera untuk memeringati ulang tahun kemerdekaan Indonesia memang bisa dilakukan di mana saja dan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan gabungan mahasiswa pecinta alam (mapala) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini, yang El Heera termasuk di dalamnya, cukup unik dan menantang.

Betapa tidak, mapala dari berbagai perguruan tinggi di Tuban yang tergabung dalam Mapala Guyub itu, menggelar upacara di alam terbuka. Kemudian mereka mengibarkan Sang Merah Putih di tebing dengan ketinggian 40 meter, Selasa (17/8/2021).

Upacara unik itu digelar di tebing Sumur Pahit Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Anggota DPRD Tuban Tri Astuti menjadi pembina upacara.

Ketua pelaksana upacara Pipit Tri Sulistiyo mengatakan, upacara pengibaran bendera ini dilaksanakan di daerah tebing dengan tujuan memperkenalkan potensi tebing-tebing di Kabupaten Tuban, salah satunya tebing Sumur Pahit ini.

“Di sini tebingnya banyak, bagus dan strategis. Ini juga merupakan jalur baru,” ujar Pipit Tri Sulistiyo.

Pada upacara pengibaran bendera merah putih ini, bendera yang dikibarkan merupakan bendera jahitan dari anggota mapala sendiri dengan ukuran mencapai 6 × 3,5 meter.

“Ketinggian tebing sekitar 40 meter. Kami berharap kegiatan ini membuat mapala di Kabupaten Tuban bisa semakin kompak, bersatu dan selalu eksis,’’ harapnya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.