TAMBAH KHAZANAH : Buku Karya Dosen IAINU Tuban menambah Khazanah Ilmu


IAINUonline – Menjelang datangnya Ramadan, ada kado manis untuk Intitut Agama Islam Nahdlatul Ulama atau IAINU Tuban. salah satu dosennya, Rinwanto melaunching sebuah buku karyanya.

Dia adalah salah satu dosen di Fakultas Syariah Prodi Al Ahwalsyakhiyah (AS) atau biasa di sebut Hukum Keluarga Islam (HKI), juga mengampu mata kuliah islam dan peradaban nusantara (IPDN).

Islam dan Relasi Kebudaayaan Jawa (Nikah Malem Songo), begitu buku tersebut diberi judul. Rinwanto sang penulis mengucap alhamdulillah atas terbitnya buku itu.

‘’Semoga semakin memperkaya khazanah kajian budaya lokal,’’ ujarnya.

Selain itu, lanjut Rinwanto, terbitnya buku ini juga menandai bangkitnya kepedulian para ilmuwan muda untuk mengkaji secara mendalam warisan para leluhur. Menurut dia, selama ini sering membaca, mendengar, bahkan mendiskusikan perihal topik-topik berkenaan dengan istilah ‘kearifan lokal’.

Untuk bisa memahami makna dari topik tersebut tidak cukup hanya diperbincangkan, diperdebatkan, apalagi hanya direnungkan. Langkah tepat menurut dia adalah harus melakukan penelitian mendalam, secara kualitatif, untuk mengungkap secara rinci dan holistik praktik-praktik budaya yang ada di masyarakat.

Sekadar diketahui, komitmen IAINU Tuban terus berbenah agar semakin maju dan serius dalam mencetak sarjana unggulan. Salah salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan suberdaya manusia (SDM) dan memacu peningkatan kapasitas dosen dalam pengajaran dan karya.

Diharapkan, buku ini menjadi publikasi ilmiah yang layak, bisa digunakan sebagai salah satu referensi bagi kajian-kajian budaya. Dan yang lebih penting adalah untuk menstimulasi para ilmuwan muda untuk terus berkarya dan meningkatkan gairah melakukan studi-studi.

Terutama yang berkaitan dengan tema-tema budaya lokal. Diharapkan buku ini memberikan manfaat dan limpahan berkah bagi penulisnya, juga para pembacanya. Buku bisa dipesan melalui penulis.(*)

 

Penulis : Jannah/Rohmah

Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.