IAINUonline – Â Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU ) Tuban yang sedang menjalani kuliah kerja nyata ( KKN) Tematik di Desa Dasin Kecamatan Tambakboyo menggelar workshop kewirausahaan. Salah satunya materinya adalah membahas mengenai branding produk. Workshop ini dilaksanakan di Pendopo Desa Dasin dan diikuti lebih dari 25 warga desa setempat.
Workshop ini dilaksanakan bertujuan membantu para pelaku UMKM Desa Dasin untuk lebih mengembangkan usahanya. Terlebih terkait pemasaran produk. Selain skill memproduksi para pelaku usaha juga memerlukan skill pemasaran, bagaimana mengembangkan produk agar selalu mengalami perkembangan dan tidak hanya stuck di tempat.
Brand adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.
Dengan adanya brand, maka konsumen akan langsung bisa mengetahui pemilik barang maupun jasa hanya dengan melihat brand tersebut. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas bagi setiap brand yang dipasarkan.
Berdasarkan data yang ada, sekitar 50% masyarakat Desa Dasin adalah pelaku UMKM dengan berbagai jenis usaha. Antara lain seperti petani garam, pembuatan tempe, kripik singkong, dan kerupuk sandariyah ( bahan dasar singkong) serta peyek. Ada pula makanan basah seperti gethuk, dan olahan olahan lainnya.
Sebagai bentuk dukungan dari desa untuk para pelaku usaha, Â di desa ini, disediakan pasar yang biasa disebut pasar krempyeng. Di pasar ini sebagian besar para pelaku usaha menjual produknya, ada pula yang sudah memiliki pelanggan maupun distributor sendiri baik itu didalam desa maupun diluar desa.
Pemasaran adalah satu satu aspek terpenting dalam wirausaha, dia jauh lebih penting dari sekadar modal. Karena modal dapat dipinjam tetapi pasar harus digeluti dan belum tentu dapat meskipun produk yang ditawarkan sangat bagus. Pemasaran akan memberikan pengalaman, pengetahuan, dan intuisi dalam mendapat kepercayaan pasar.
Untuk itulah, agar produk dari para pelaku UMKM bisa semakin dikenal oleh masyarakat luar, KKN Tematik IAINU Tuban mengupayakannya dengan memberikan fasilitas dari pemateri ahli. Workshop kewirausahaan branding produk ini diharapkan mampu membantu serta menjadi energi tersendiri bagi para pelaku UMKM.(*)
Penulis : Siti Lailatul Mufidha