HEWAN KURBAN : MINU Hijah Memotong Dua Hewan Kurban


IAINUonline – Hari Raya Iduladha dikenal juga dengan Idul Qurban, yang pelaksanaannya di mulai dari tanggal 10 Dzulhijjah sampai 13 Dzulhijjah. Semangat berkurban juga ditunjukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Hidayatun Najah (MINU Hijah), dengan menyembelih dua hewan kurban.

Penyembelihan dilaksanakan pada Senin (11/7/2022) atau hadi kedua setelah Salat Id. Pemotongan hewan kurban di halaman madrasah.

Kepala MINU Hijah Muhammad Nashruddin, S. Pd atau yang biasa disapa Ustadz Anas mengatakan pada tahun ini dua hewan kurban yang disembelih. Satu hewan kurban atas nama Hj. Kastiyam wali murid kelas 4, sedangkan satu hewan lagi atasnama “Qurban Kita” yang uangnya berasal dari iuran siswa secara sukarela.

Penyaluran daging kurban dibagikan oleh panitia kurban kepada yang berhak menerima, yaitu siswa siswi MI NU Hijah yang yatim dan dhuafa.

Kegiatan tersebut merupakan program yang dilaksanakan setiap tahun oleh keluarga besar MINU Hidayatun Najah.

Ustadz Anas mengatakan, pihaknya ingin menanamkan kepada siswa semangat untuk memberi. Generasi yang kita harapkan itu nantinya generasi yang terbiasa memberi, bukan terbiasa menerima atau meminta.

‘’Itu mengapa kami melaksanakan kegiatan kurban di madrasah,” jelasnya.

Ustadz Anas juga mengatakan, pelaksanaan “Qurban Kita” sebenarnya adalah sedekah. Karena untuk berkurban satu ekor kambing hanya untuk satu orang. Jika satu ekor kerbau atau sapi diperuntukkan tujuh orang.

Dia berharap, tahun depan bisa merealisasikan kembali ibadah kurban, guna membangun kebersamaan, menciptakan rasa kekeluargaan, saling tolong menolong serta menghayati makna berkurban.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.