IAINUonline – Masa pandemi Covid-19 bukan hanya harus memerhatikan protokol kesehatan yang ketat. Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan menjadi hal yang tak boleh diabaikan.

Termasuk menjaga kesehatan ibu hamil (bumil).  Bagaimana cara menjaga kandungannya, menyiapkan persalinannya di masa pandemi ini. Semua harus diperhatikan dan dipersiapkan secara matang.

Karena kondisi itulah mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) juga memerhatikan para bumi di desa tempat dia KKN.

Di Desa Talang Kembar Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Kelompok 5 mahasiswa IAINU Tuban yang menjalani KKN di desa ini menggelar sekolah untuk bumil.  ” Sekolah Bumil  untuk mempersiapkan kehamilan dan persalinan saat pandemi” begitu tema sekolah tersebut.

Anggota Kelompok 5 di Desa Talang Kembar ini yakni Siti Al’alim, Tiya Fitrotul Istiqomah dan Bagus Rahmatullah bekerjasama dengan bidan desa setempat. Bidan dari Puskesmas Montong memberikan materi para bumil peserta kelas bumil tersebut.

‘’Kegiatan ini bekerja sama dengan bidan setempat, pemateri langsung dari bidan puskesmas Montong. Kami juga menambah sosialisasi mengenai persiapan kehamilan dan persalinan di masa pandemi covid, karena tidak hanya masyarakat umum saja yang butuh perhatian mengenai covid, ibu hamilpun juga tak kalah penting,’’ ujar Siti Al’alim salah satu mahasiswa.

Menurut dia, ibu hamil rawan dengan stres, bisa terlalu panik dengan keadaan dalam masa pandemi seperti ini.

‘’Adanya sekolah ibu hamil ini bisa solusi bagi para ibu hamil untuk mempersiapkan kehamilan dan persalinannya dengan tetap tenang dan fokus walaupun di tengah pandemi covid-19,’’ katanya.

Salah satu materi dalam kelas bumil ini adalah senam. Senam tersebut selain untuk menjaga kebugaran tubuh bumil, nantinya juga bisa membantu  kelancaran dalam proses persalinannya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.