IAINUonline – Untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi SDN Nguluhan Kecamatan Montong akan pentingnya literasi, mahasiswa KKN Tematik Kelompok 04 Desa Nguluhan mengadakan Seminar Literasi dengan tajuk Giat Membaca Gemar Menulis.

Acara yang pertama kali dilaksanakan di satu-satunya sekolah tingkat dasar desa tersebut mendapat sambutan yang hangat dari kepala sekolah dan jajaran gurunya. Pada seminar yang berlangsung selama dua jam ini, panitia menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yang juga merupakan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Alief Irfan Choiri.

Pegiat literasi yang telah menerbitkan beberapa buku tersebut, memberikan materi tentang enam dasar literasi. Di antaranya, Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Budaya dan juga Literasi Finansial.

Seminar yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 ini berjalan dengan meriah, sebab Narasumber yang diundang memiliki strategi yang mampu menarik perhatian audiens untuk terus menyimak apa yang disampaikan. Alief Irfan Choiri, menjabarkan materi dengan sangat interaktif melibatkan siswa untuk menyampaikan pendapatnya.

“Ini kesempatan yang bagus sekali untuk kelas 4 dan 5. Selain sebagai persiapan menghadapi ANBK yang juga menghimpun materi Literasi, juga bermanfaat untuk bekal pada jenjang menuju SMP,” ucap Eka David Septama, perwakilan Kepala Sekolah SDN Nguluhan Kecamatan Montong.

Demi terus mendapatkan atensi dari audiens yang usianya masih berkisar 10-12 tahun itu, Alief Irfan membubuhkan kisah-kisah yang memberi wawasan baru di tengah materi. Misalnya, pada poin Literasi Sains beliau memberi wacana sekilas tentang Albert Einstein dan Gaya Gravitasinya.

Pada Literasi Digital Alief Irfan memantik dengan pertanyaan-pertanyaan stimulus seperti contoh sosial media, perangkat digital pengolah informasi, dll. Sehingga siswa beramai-ramai menjawab berdasarkan pengetahuan mereka masing-masing.

Selanjutnya, pada Literasi Budaya beliau menyampaikan tentang pengalamannya berkunjung ke Blora tepatnya di Suku Samin, tentang bagaimana adat dan budaya masyarakat tersebut menyambut tamu dengan jamuannya dn lainnya.

“Semoga acara ini bisa menjadi ajang pengenalan literasi bagi generasi muda, khususnya siswa-siswi SDN Nguluhan. Harapan kami, kelak siswa-siswi SDN Nguluhan tumbuh menjadi pribadi yang melek literasi, berwawasan, giat membaca dan berkarya, ‘’imbuh Adi Rohmad, Ketua Penyelenggara.

Bincang literasi yang dimoderatori oleh Afifah ini juga memberi kesempatan para siswa untuk menyebutkan kosa kata sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang ada di sekitarnya dalam jangka yang ditentukan, siswa-siswi berlomba-lomba berpikir cepat dan menulis apa saja yang ada dipikirkan.

Dengan demikian, besar harapan dengan diadakannya acara ini menjadi awal yang baik untuk siswa-siswi SDN Nguluhan agar terus memperkaya pengetahuan melalui membaca, dan menuangkan pendapatnya dengan keterampilan menulis.(*)

 

Penukis : Maratus Sholikhah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.