IAINUonline – Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama ( MINU) Hidayatun Najah Tuban menggelar halal bihalal. Ada yang diselenggarakan di Masjid Darul Ilmi kompleks kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban itu diiikuti oleh para ustadz dan ustadzah dan seluruh perserta didik.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh siswa kelas 4 dilanjut mahallul qiyam oleh Ustadz Afdhol.

Kepala MINU Hidayatun Najah, yang biasa disapa Ustadz Anas menyampaikan bahwa tujuan halal bihalal adalah agar kita saling memaafkan dan menyambung tali silaturrahmi antara ustadz dan ustadzah dengan anak didik.

‘’Halal bihalal memang tidak asing untuk menghidupkan kembali tali silaturahmi. Sebagai umat Islam, kita wajib saling asah asih dan asuh menjalin tali silaturahmi,’’ ujar Ustadz Anas.

Halal bihalal, kata dia, adalah momen yang pas untuk menjalin dan menjaga tali silaturahmi. Saat Lebaran memang dari tahun ke tahun butuh waktu untuk bersama.

Menuru dia, berbeda dengan tahun lalu yang masih dipantau oleh TIM Satgas Covid 19. Yang tentunya harus menjaga jarak dan prokes dengan ketat. Lebaran Idulfitri tahun ini berjalan dengan normal. Pemerintah sudah membolehkan untuk berkumpul atau berkunjung dengan keluarga.

“Semoga di tahun berikutnya bisa menjadi suritauladan untuk dijadikan momen penting bagi Asatidz Asatidzah dan anak didik sebagai pembelajaran yang tentunya mengandung makna dan manfaat,” katanya.

Di akhir acara, seluruh Ustadz Ustadzah dan anak didik saling menukarkan kado yang dibawanya dari rumah. Hal ini sebagai wujud apresiasinya kepada teman-temannya atas suksesnya dalam menjalankan puasa Romadhon dengan semangat.(*)

 

Penulis : Siti Nur Rohmah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.