IAINUonline–Bulan suci ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dan maghfiroh. Bulan ini merupakan ladang amal yang bisa kita lakukan. Kali ini Pondok Pesantren Darul Maarif Tuban mengemas suasana romadhon sangat unik dari beberapa rangkaian kegiatan ramadhan yang dikemas dengan acara Festival Ramadhan PPDM.

Kegiatan ini dimulai dengan pesantren kilat yang di ikuti oleh siswa siswi MI Minu Hidayatun Najah. Untuk yang pertama kalinya pondok pesantren Darul Ma’arif Tuban bekerja sama dengan lembaga formal kegiatan ini disebut sebagai pesantren kilat kegiatan ini dilaksanakan selama dua minggu tepat pada awal ramadhan pada tanggal 03-18 April 2022. Kegitan ini di isi dengan pengajian kitab, belajar menulis pegon dan bagaimana kaidah-kaidah penulisannya dengan baik dan benar. Dengan harapana setelah pulang dari pesantren kilat ini siswa siswi MINU HIJAH mendapatkan bekal khusus untuk melanjutkan ke pondok pesantren. “Ujar Ustadzah Jazila”. Adanya kegiatan ini dilakukan untuk melatih anak-anak agar belajar hidup mandiri, saling berbagi, dan belajar hidup sederhana.

Selanjutnya yaitu malam Khotmil Qur’an (Malam nuzulul Qur’an) pada acara ini dikemas dengan tahtimul qur’an dan tahlil dan di akhiri dengan penutupan pesantren kilat yang di ikuti oleh anak-anak MINU. Serta besoknya pada tanggal (19/04/2022) dilakukan buka bersama santri dan santriwati TPQ Darul Ma’arif melakasanakan bukber bersama wali santri. Acara ini dilaksanakan untuk menjali tali sialturahmi antar wali santri dan ustadzah pengajar TPQ. “Ujar ustadzah Karimah”.

Festival Ramadhan ini di tutup dengan acara Santri Berbagi yakni acara bagi-bagi takjil yang dilaksanakan oleh santriwan dan santriwati TPQ Darul Ma’arif Tuban pada (21/04/2022) di Bundaran Seleko Pahlawan Tuban. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mengajari anak-anak untuk saling berbagi kepada sesama dan memuliakan bulan suci ramadhan ini.

Penulis : Siti Nurjanah

Editor : Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.