BACA ALQURAN : Calon Siswa saat Tes Baca Alquran


IAINUonline – Sabtu (12/03/2022) Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Hidayatun Najah (Hijah) melaksanakan observasi calon peserta didik baru  hasil peneriman peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran (tapel) 2022-2023. MINU Hijah merupakan lembaga binaan Insitut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban.

Dari waktu pendafataran calon peserta didik yang dibuka mulai Oktober 2022 lalu, telah diterima sebanyak 59 anak. Rencananya akan dibagi menjadi dua kelas. Sebagai lembaga yang sedang berkembang, MINU Hidayatun Najah sebagai tempat menimba ilmu para siswa sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Pelaksanaan observasi PPDB dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pada jam 08.00 – 10.00 WIB, sedangkan sesi kedua dimulai jam 10.00 – 11.00 WIB. Kegiatan observasi ini tidak hanya mengobservasi peserta didik tetapi juga orang tua mereka.

Kegiatan untuk peserta didik dilakukan untuk mengetahui kesiapan mereka untuk memasuki jenjang ibtidaiyah, seperti; tes membaca, menulis, mengaji, menghitung, dan psikotes. Sedangkan untuk orang tua dilakukan tes tulis dan wawancara untuk mengetahui sejauh mana orang tua mengetahui kondisi putra putri mereka, kegiatan anak di rumah, dan kesediaan orang tua untuk dapat bekerja sama dengan pihak madrasah.

“Semoga peserta didik yang diterima merupakan amanah bagi madrasah untuk menjadikannya sebagai generasi qur’ani yang berakhlaqul karimah, berprestasi, berwawasan ahlussunnah wal jamaah annaahdliyah yang bermanfaat bagi masyarakat dan menjadikannya sebagai insan bertaqwa,’’ harap Kepala MINU Hidayatun Najah Muhammad Nashruddin S. Pd.

Mewakili madrasah, Ustadz Anas, panggilan akrabnya, menyampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh pihak yang berperan dalam proses PPDB tahun ini. ‘’Khususnya kepada asatidz – asatidzah yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga pada saat persiapan, pelaksanaan hari – H, dan penilaian setelahnya,’’ katanya. (*)

 

Penulis : Siti Nur Rohmah

Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.