TILAWATI : Santri Ponpes Darul Ma'arif adakan tilawati kedua


IAINUonline — Dalam seni membaca Al-Qur’an sangat diperlukan metode mudah membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan mahrojul huruf. Salah satumya di Pondok Pesantren Darul Ma’arif ini yang menggunakan metode Tilawati dalam keseharian membaca Al-Qur’an.

Metode ini dirasa sangat mudah dalam pembelajaran Al-Qur’an, dimana metode ini dikemas dengan nada dan syair yang menyenangkan. Tepat tanggal 27 Februari hingga 05 Maret 2022, Pondok Pesantren Darul Ma’arif laksanakan Diklat Standarisasi Metode Tilawati yang kedua kalinya yang dikelola langsung dari team departemen Tarbiyah pondok.

Kegiatan ini bertempat di Mushollah Darul Ma’arif yang ikuti oleh peserta umum yang terdiri dari ustadz-ustadzah pengajar TPQ serta santri dan santri wati Pondok Pesantren Darul Ma’arif. Kegiatan ini dilakukan dua tahap, yang pertama tahap pembelajaran atau monitoring dan tahap kedua yaitu Munaqosyah.

Pada tahap munaqosyah dilakukan oleh dua penguji yang di bedakan dalam dua tahap yaitu : Ghorib yang di pegang langsung oleh Ust. Fauzi dan Microteaching yang dipegang langsung oleh Us. Jazilah. Diklat Standarisasi Metode Tilawati ini bertujuan untuk mencetak guru Al-Qur’an yang benar-benar paham dengan bacaan tajwid, ghorib serta mahrijul huruf yang sering disepelekan. Selain itu diklat standarisasi metode tilawati sebagai salah satu syarat dalam mengajar Al-Qur’an sudah terpenuhi dan diakui oleh Kementrian Agama dengan syahadah kelulusan. “Ujar Koordinator Departemen Tarbiyah Siti Nur Rohmah.

 

Penulis : Siti Nurjanah (PAI-E)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.