ISRAK MIKRAJ : Peringatan Israk Mikraj PDM IAINU Tuban


IAINUonline – Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) Institut Agama Islam Nahdlaul Ulama (IAINU) Tuban menggelar peringatan Israk Mikraj yang digelar  di Masjid Daru Ilmi, kompleks kampus IAINU Tuban Jalan Manunggal. Ceramah agama disampaikan Kiai Shofiul Khafi Alhafidz.

Ketua Pelaksana kegiatan Khoirul Huda mengatakan, dalam acara yang dihadiri para mahasiswa IAINU Tuban itu, melalui peringatan Israk Mikraj agar semua bisa meningkatkan ibadah dan taqwa serta kecintaan pada Nabi Muhammad SAW.

Serta pada keturunan dan ulama. Selain itu juga untuk mempererat ukhuwah islamiyah, ukhuwah basyariah maupun ukhuwah wathaniyah.

Pembina LDM IAINU Tuban, M.Mundhir mengatakan, peringatan Israk Mikraj adalah peringatan atas peristiwa besar dan agung. Peristiwa yang tidak bisa dinalar, namun bisa diterima oleh hati yang beriman.

Menurut dia, butuh keimanan untuk bisa percaya peristiwa Israk Mikjraj tersebut. Karena itu, dia berpesan pada seluruh mahasiswa dan semuanya, agar bisa betul-betul mengambil hikmah dari peringatan peristiwa itu.

Hikmah dari perjalanan intelektual dan spiritual yang dijalani Nabi Muhammad SAW dengan ending atau hasil mendapat perintah salat lima waktu.

‘’Kalau harus bisa mencermati dan menganalisasi peristiwa intelektual tersebut. Karena mahasiswa maka,  harus benar-benar mengasah intelektualnya,’’ pesan dia.

LDM, lanjutnya punya  program-program yang sudah disusun. Salah satunya kegiatan kerohanian seperti yang dilaksanakan tersebut. Untuk program-program lain dia minta segera ditindaklanjuti.

Seperti misalnya program Lajnah Falakiyah agar segera segera dilaksanakan. Karena kegiatan hisab dan rukyah sangat penting. Tiap bulan, lanjutnya, butuh rukyah, bagaimana misalnya dengan kalender komariah yang kita ikuti.

‘’Program yang sudah disusun diplilah-pilah mana yang prioritas untuk dilaksanakan dulu. Mahasiswa anggota LDM dengan berbagai kegiatan setidaknya bisa punya tiga kecerdasan, yakni kecerdasan intelektual, spiritual dan sosial,’’ katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.