FESFESTIVAL SALAWAT : FEBI IAINU Tuban Menggelar Festival Salawat Al Banjari


IAINUonline  – Sebagai upaya untuk mengaplikasikan mata kuliah yang sudah diterima mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban menggelar festival salawat Al Banjari, Sabtu (12/2/2022).

Acara yang dihelat di aula gedung KH Hasyim Asy’ari kompleks kampus IAINU Tuban ini diikuti oleh 17 peserta se Kabupaten Tuban.

‘’Peserta terdiri dari grup SMA sederajat dan peserta umum,’’ ujar Dekan FEBI IAINU Tuban Dian Rustyawati, S.T, M.M.Pd.

Dia mengatakan, festival tersebut merupakan aplikasi dari mata kuliah manajemen bisnis yang sudah diterima oleh para mahasiswa. Sehingga, seluruh kegiatan tersebut merupakan buah karya dan ide dari para mahasiswa sendiri.

Bukan hanya menuangkan ide dalam event, namun para mahasiswa juga yang bergerak untuk menggali dana dari sponsor. Sehingga, kampus IAINU hanya ketempatan acara saja.

‘’Kampus hanya support, para mahasiswa sendiri yang mengcreate event ini sekaligus yang menyediakan dananya. Ada sekitar 20 sponsor yang berhasil digaet. Ini langkah awal yang bagus,’’ tambah Dian.

Mahasiswa di FEBI dengan program studi (prodi) Perbankan Syariah (PS), lanjut Dian, memang didorong untuk kreatif, pintar memanfaatkan peluang dan bisa cakap mengelola kegiatan. Sehingga, pada saatnya nanti, para mahasiswa ini mempunyai bekal yang cukup ketika terjun ke masyarakat.

‘’Jiwa entrepeneur yang ingin kita cetak, tapi tetap dalam koridor agama,’’ terangnya.

Menggelar festival salawat ini, kata dia, juga untuk melestarikan budaya salawatan yang sampai saat ini masih digemari. Juga untuk syiar islam di tengah masyarakat. Melihat para peserta yang rerata masih muda, Dian juga bangga, karena mereka adalah generani penerus yang tetap mempertahankan tradisi dan budaya.

‘’Kami berharap ke depan festival ini bisa menjadi kegiatan rutin yang akan digelar di IAINU ini,’’ katanya.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.