VISITASI : Pondok Pesantren Darul Ma'arif Terima Visitasi Kemenag


IAINUonline – Seksi Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Kabupaten Tuban Rabu 19 Januari  2022 melakukan kunjungan visitasi ke Pondok Pesantren Darul Ma’arif di kompleks Bumi Pendidikan Manunggal.

Tim visitasi tiba di Pesantren Madrasatul Qur’an yang kelola oleh sejumlah dosen Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban  ini sekitar pukul 10.00 WIB.

Tim Visitasi terdiri dari 3  orang  yakni Drs. H . Sarjono Kasi PD Pontren, Jariyanto Bagian Perizinan, dan Zainul Bagian Emis. Kunjungan ini untuk melakukan visitasi kelayakan pesantren yang nantinya akan menjadi dasar dikeluarkannya izin operasional.

Yang diajukan izinnya adalah pondok pesantren, madrasatul qur’an, dan madrasah diniyah. Izin operasional dan perpanjangan sudah diajukan  pada tanggal 01  Januari 2022 yang lalu.

Turut hadir dalam acara tersebut K. Munzir, MA, jajaran pengurus, K. Imam Supriyadi M.Th.I mewakili Badan Pengelola Pendidikan (BPPNU) Bumi Manunggal dan Sofyan Yunus,M.Pd.  mewakili PC LP Ma’arif Kab Tuban.

Dalam pertemuan tersebut, dimulai dengan presentasi yang disampaikan oleh Ketua  Pondok Pesantren Yudi Arianto.M.HI. Dia menjelaskan sejarah berdirinya Pondok Pesantren Darul Ma’arif tersebut.

Termasuk visi misi pondok pesantren yang terintegrasi dengan lembaga pendidikan formal, jumlah santri  dan kurikulum pesantren serta kajian kitab-kitab. Tim Visitasi Kemenag Tuban memberikan respon yang positif dan sangat mengapresiasi Pondok Pesantren Darul Ma’arif tersebut.

‘’Keberadaan pondok pesantren Darul Ma’arif Tuban diharapkan mampu membentuk karakter dan kecerdasan spiritual para santri yang insyaallah ke depan akan sangat berguna bagi keberlangsungan generasi bangsa dan negara,’’ ujar Drs. H . Sarjono.

Berdasarkan hasil verifikasi, kesesuaian berkas dan kondisi faktual lapangan, Pondok Pesantren Darul Ma’arif layak untuk mendapatkan izin operasional secara resmi. Diharapkan agar segera memasukkan kembali dokumen-dokumen tambahan yang terkait dengan perkembangan terbaru pondok pesantren.(*)

 

Penulis : Rinwanto

Editor : Sri Wiyono

One thought on “Pesantren Darul Ma’arif IAINU Tuban Terima Kunjungan Visitasi Kemenag”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.