SEMINAR KEPEMIMPINAN : HIMA PRDI PAI IAINU Tuban Gelar Seminar Kepemimpinan


IAINUonline – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA PRODI) Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban menggelar berbagai kegiatan dalam rangka suksesi kepemimpinan.

Salah satunya dalah seminar bertajuk “Menuju Idealitas Kepemimpinan yang Loyal, Etos Bertanggungjawab dan Berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah”. Acara digelar di aula lantai 3 gedung Makhdum Ibrahim IANU Tuban, Senin (20/12/2021).

Rangkaian reorganisasi kelembagaan HIMA PRODI PAI IAINU Tuban itu, juga untuk pemilihan ketua baru pada lembaga yang bernaung di bawah naungan Prodi PAI tersebut.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini supaya kepengurusan dari HIMA PRODI PAI IAINU Tuban mengerti arti dari kepemimpinan, birokrasi dan manajemen keorganisasian di bawah naungan prodi” ujar ketua pelaksana kegiatan ini.

Selain itu, harapannya agar ke depan mahasiswa terus menjalin kerjasama antarmahasiswa dan program studi.

Seminar dimoderatori yang Ahmad Wafa Amrillah ini mendatangkan pemateri dari dosen IAINU Tuban, yakni Dr. Sholikah, M.Pd.I yang juga Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) di IAINU Tuban.

Dalam materinya menurut Sholikah, pemimpin itu harus sehat, sehat pikiran, kuat, pintar, suka terhadap ilmu pengetahuan, dan suka pada keadilan.

‘’Itu syarat pemimpin,” jelasnya.

Sebagai tambahan, dalam paparannya, dia menyatakan dalam prakteknya seorang pemimpin harus meniru pribadi Nabi Muhammad SAW, yaitu shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pemimpin adalah cerminan masyarakatnya sendiri, yang baik akan memilih yang baik.

‘’Masyarakat dan komunitas yang baik, akan melahirkan pemimpin yang baik,’’ tandas dosen yang baru saja memperoleh gelar Doktor di Bidang Pendidikan Islam di UIN Walisongo Semarang  ini. (*)

 

Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.