Sumber Gambar : Ponpes KHAS Kempek Cirebon


Menghormati ilmu harus kita ketahui bahwa seorang pelajar tidak akan dapat meraih ilmu dan memanfaatkan ilmunya kecuali dengan menghormati ilmu dan ahli ilmu serta menghormati dan mengagungkan gurunya. Di karenakan bahwa : “orang yang ingin mencapai sesuatu tidak akan berhasil kecuali dengan menghargai, dan orang tidak akan jatuh dalam kegagalan kecuali dengan meninggalkan respek (rasa hormat) dan mengagungkannya ” Maka sebaiknya kita haru bisa menyesuaikan adab menghormati ilmu dengan cara yang pertama kita harus menghormati guru-guru kita yang mengajari atau yang memberi ilmu kita.

Yang sangat penting ini dan perlu kita ketahui kita sebagai pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmu kita bisa manfaat selain kita bisa mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu juga bisa dan pada intinya kita harus menghormati guru-guru kita.

Karna orang yang berjihad dan bersungguh-sungguh mencari ridhanya Allah maka benar-benar merekalah jalanya menuju kesuksesan halnya seperti ini kita harus bisa menata niat kita untuk belajar juga dengan ikhlas, ada kalanya kita dendam atau mungkin sakit hati sama guru kita maka mulai sekarang kalau kita bisa harus kita tinggalkan agar ilmu kita bisa bermanfaat dan kita bisa disebut dengan salah satu orang yang bisa menghormati ilmu.

Dikarenakan tingkatan memahami menghormati ilmu kita bisa mulai dengan kesadaran kita sendiri tenag dan sabar untuk menghadapi semuanya. Kita juga harus berfikir cepat agar terbiasa pekerjaan apapun sebelum kita mulai kita harus berfikir terlebih dahulu. Karna menghormati ilmu kita mulai sejak dari kita bisa mulai belajar mengenal ilmu dari kita bisa mulai belajar. Karna tadi dikatakan menghormati ilmu juga harus mengagungkan guru maka Menghormati Guru adalah Salah satu cara menghormati ilmu

Dalam hal ini pernah di dendangkan sebuah sya’ir untukku:

menurutku hak yang paling utama adalah hak guru, dan hak itu wajib di jaga bagi setiap muslim

sungguh ia wajib diberi kemuliaan. Setiap ia mengajar satu huruf maka tidak cukup dengan memberinya seribu dirham”.

Salah satu cara menghormati guru adalah tidak lancang berjalan didepannya, tidak duduk di tempatnya, tidak memulai percakapan dengannya kecuali atas izinnya, tidak banyak bicara di sisinya, tidak menanyakan sesuatu ketika ia sudah bosan, menjaga waktu, dan tidak mengetuk pintu rumah atau kamarnya, tetapi harus menunggu sampai ia keluar. Kesimpulannya, seorang murid harus berusaha mendapat Ridhonya, menghindari kemurkaan-nya, dan patuh kepadanya selain dalam perbuatan maksiat kepada Allah sebab tidak boleh patuh kepada makhluk untuk melakukan perbuatan maksiat kepada sang pencipta.

Juga salah satu cara menghormati guru adalah menghormati anak-anaknya dan orang yang mempunyai hubungan dengannya guru kami syaikhul Islam Burhanuddin shahibul Hidayah pernah bercerita bahwa seorang ulama besar dari bukharah sedang duduk dalam suatu majelis pengajian sesekali ia berdiri dan duduk lagi ketika ditanya kepadanya mengenai sikapnya itu ia menjawab : ”sesungguhnya Putra Guruku sedang bermain bersama anak-anak lain di halaman rumah setiap kali aku melihatnya aku berdiri sebagai penghormatan kepada Guruku”.

 

Penulis : Inayatul Umami PAI Aksel sem VII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.