IAINUonline – Pada musabaqah tilawatil quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) XXVIII dulu, Kabupaten Tuban menjadi juara umum. Kala itu, Kabupaten Tuban menjadi tuan rumah. Para kafilah asal Bumi Wali ini mengungguli kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lainnya.

Pada 2-11 November mendatangMTQ akan kembali digelar. Sebagai tuan rumah Kabupaten Pamekasan. Kabupaten Tuban sudah menyiapkan kafilah untuk turun di berbagai kategori atau cabang yang dilombakan.

Untuk persiapan di ajang MTQ XXIX itu, Kabupaten Tuban mengadakan pembinaan kepada para kafilah MTQ. Pembinaan dilaksanakan di hotel Mahkota. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, didampingi Kasi Bimas Islam, Kasi PHU dan Bagian Kesra Pemkab Tuban memantau langsung pelaksanaan pembinaan ini, Rabu (29/09/2021).

“Kami melihat secara langsung pembinaan yang diselenggarakan oleh LPTQ Kabupaten Tuban. Insyaallah ini tidak jauh dari pembinaan yang kita lakukan pada saat MTQ tingkat provinsi Jawa Timur ke XXVIII di Kabupaten Tuban dulu,” ujar Kepala Kemenag Sahid.

Pria berkacamata ini optimis Kabupaten Tuban bisa berprestasi kembali sebagai juara umum di kancah MTQ Jatim nanti.

“Pembinanya ini adalah orang-orang yang sangat punya kompetensi dan tiap hari bergelut di dunia itu,sehingga tahu mana kekurangan dan kelemahannya,” tambahnya.

Sementara, Kasi Bimas Islam, Mashari, menjelaskan pembinan ini dimulai tanggal 28 September sampai 3 Oktober 2021 nanti.

“Persiapan itu terus dilakukan karena kami berusaha memaksimalkan potensi putra dan putri kafilah Kabupaten Tuban,” jelasnya.

Ia menambahkan, semua peserta kafilah MTQ menginap dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semua cabang yang dilombakan berusaha diikuti oleh kafilah Kabupaten Tuban.

“Ada 8 cabang yang dilombakan, dengan total peserta 53 orang, semua cabang kita ikuti, kecuali tuna netra,” katanya. (*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.