Dokumentasi Kegiatan Pesantren Silat


IAINUonline – Tepat pada hari Ahad, 22 Agustus 2021. UKM PSNU Pagar Nusa IAINU Tuban mengadakan kegiatan tahunan. Pesantren Silat dan Pengukuhan Anggota Tetap 2021. Kali ini kegiatannya spesial. Kegiatan yang UKM selenggarakan bekerja sama dengan PC Pagar Nusa Tuban dan PAC Pagar Nusa Tuban. Kegiatannya diselenggarakan di Aula Lt. 3 Gd. Maulana Makhdum Ibrahim IAINU Tuban.

Kegiatan ini di ikuti oleh 58 peserta, dari anggota UKM sendiri dan PAC Pagar Nusa Tuban dari berbagai ranting. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina UKM PSNU Pagar Nusa IAINU Tuban, Ketua PAC Pagar Nusa Tuban, Ketua PC Pagar Nusa Tuban, Rektor IAINU Tuban dan masih banyak lagi.

Dikegiatan ini para peserta diberikan bekal materi, yaitu materi Orientasi pesantren pesilat, materi ke-NU-an dan pastinya materi ke-Pagar Nusa-an. Materi disampaikan langsung dari pengurus PC Pagar Nusa Tuban. Selain itu juga ada kegiatan istighosah dan ijazahan serta pengukuhan peserta menjadi anggota tetap Pagar Nusa T.A 2021.

Disamping itu, sebenarnya apa sih tujuan dari kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM ini? Tujuannya yaitu sebagai upaya menjalankan program kerja yang dinamis dan progresif, untuk menumbuhkan loyalitas dan totalitas bagi para anggota, upaya menumbuhkan semangat berorganisasi para anggota dan membentuk kader militan yang berwawasan ke-NU-an. Selain diajarkan jurus bela diri, anggota pagar nusa juga harus dibekali ilmu pengetahuan. Begitu juga harapan ketua pelaksana Atoillah, “Semoga kegiatan pesantren silat ini menjadi langkah bagi UKM PSNU Pagar Nusa untuk terus eksis dalam mengkader dan memantapkan lagi pendidikan ke-NU-an kepada para anggota agar menjadi kader Nahdlatul Ulama’ dan Pagar Nusa yang militan, terus mengabdi, mengembangkan dan merawat Pagar Nusa dimanapun mereka berada, dengan semangat dan ikhlas layaknya seorang pejuang.” Ujarnya.

Karena bukan hanya jago silat, anggota Pagar Nusa harus dibentuk menjadi kader militan yang berwawasan ke-NU-an, unggul dalam bela diri maupun intelektual. Mampu menjalankan kewajibannya sebagai kader Pagar Nusa. Sebagaimana yang sampaikan oleh ketua PC Pagar Nusa Tuban pada sambutannya waktu itu  “sebagai pesilat Pagar Nusa dan menjadi banom NU maka lakukan kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Pagar Nusa yaitu mempunyai jiwa-jiwa sebagaimana jiwa para santri Pagar Nusa. Rela menjaga NU dan bangsa, berloyalitas tinggi dan selalu menghormati para pelatih dan menjalin hubungan sebaik mungkin dengan semua pihak”. ujarnya.

Penulis : UKM Pagar Nusa

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *