IAINUonline – Masa pandemi tak membatasi kreatifitas. Menggelar berbagai kegiatan, termasuk lomba juga tak boleh terhalang pandemi. Karena berbagai kegiatan tetap bisa dilaksanakan melalui virtual.

Itulah yang yang dilakukan mahasiswa yang sedang kuliah kerja nyata (KKN) Tematik dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban 2021 Zona Desa Tunah, Kecamatan Semanding. Mereka menggelar lomba antarTPQ.

“Lomba ini diadakan dengan model virtual karena masa PPKM masih diberlakukan. Oleh karena itu  sistem perlombaan kami buat virtual agar bisa tetap stay at home dan bisa mengurangi kerumunan, serta dapat berprestasi walau tetap di rumah saja,” ujar Siti Nur Rohmah, Ketua Kelompok Desa Tunah.

Menurut dia, kegiatan diawali dengan strategi jemput bola. Mahasiwa langsung terjun ke lembaga TPQ se Desa Tunah untuk menginformasikan pelaksanaan dan teknis perlombaan.

Lomba yang digelar di antaranya lomba pidato, lomba tartil usia 7-8 tahun dan lomba tartil usia 10-12 tahun.

“Lomba ini cocok sekali diadakan di masa pandemi, santri-santri juga merasa senang karena mereka bisa menumbuhkan bakat minat yang mereka punya,’’ komengar ustadz M. Sholeh, Kepala TPQ Al Islamiyah.

Untuk sistem perlombaannya,  dengan jalan mengirimkan video ke admin dengan batasan tanggal yang ditentukan. Video lomba yang dikirimkan dinilai oleh juri dalam batasan waktu satu minggu. Pemenang lomba diambil juara 1 dan 2 setiap jenis perlombaan.

Ahad, 22 Agustus 2021 kemarin telah diadakan pengumuman dan penyerahan hadiah perlombaan di Balai Desa Tunah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Siti Nur Rohmah yang biasa disapa Rohmah dalam sambutannya, menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh lembaga TPQ yang ikutserta menyukseskan program KKN yang telah direncanakan dengan timnya.

Selain itu, Rohmah juga menyampaikan kepada seluruh juara lomba untuk bisa membawa amanah dengan sebuah prestasi yang telah diberikan.(*)

 

Penulis : Siti Nur Rohmah

Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.