IAINUonline – Mahasiswa sedang kuliah kerja nyata (KKN) kok nongkrong di kafe. Begitu mungkin orang menganggap. Sebab, mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban Kelompok 02 Desa Pucangan, Kecamatan Montong itu memang kedapatan nongkrong di sebuah kafe.

Lima mahasiswa di antaranya Nailul Izzatun Nadza, Alvin Niswatil Aulia, Mahmadah Afro’,  Nunik Erni Ermawati dan Abdul Karim memang asyik ngobrol dan diskusi di kafe.

Tapi jangan salah, mereka sedang mengerjakan tugas dan sedang mendesain sarana atau alat peraga untuk edukasi pencegahan dan penanggulangan Covid 19. Tema KKN IAINU yang dilakukan secara tematik memang terkait dengan hal tersebut.

‘’Kami membuat sarana edukasi dengan bentuk video. Kami buat animasi video yang menarik untuk edukasi,’’ ujar Nailul Izzatun Nadza salah satu mahasiswa.

Dengan berbasis video dan animasi yang menarik, materi sosialisasi akan mudah dicerna. Dan pesan yang ingin disampaikan tentang bagaimana pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di masyarakat bisa sampai.

‘’Apalagi edukasi ini akan kami berikan kepada siswa di MI,’’ tambahnya.

MI Miftahul Huda yang dipilih Kelompok 02 ini untuk menyampaikan edukasi.  Dengan media video dan animasi yang menarik diharapkan siswa MI Miftahul Huda lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan lebih disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

Sementara dosen pendamping lapangan (DPL) wilayah Kecamatan Montong Rinwanto mengatakan, mahasiswa diberi kebebasan untuk menemukan ide, menyalurkan dan mengaplikasikan di lapangan.

‘’Saat terjun ke masyarakat, ternyata ide-ide cerdas dan kreatifitas mahasiswa muncul. Ide dan kreatifitas itulah yang dibutuhkan untuk memajukan masyarakat,’’ katanya.(*)

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.