IAINUonline – Bukan hanya berkiprah dan terlibat berbagai kegiatan di Kabupaten Tuban saja. Sebab, mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) juga menyeberang ke Kabupaten Lamongan.

Dengan KKN Tematik di masa pandemi Covid-19 ini, para mahasiswa memang punya kesempatan untuk berkiprah di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Sebab, para mahasiswa dikembalikan ke daerah asalnya dalam KKN kali ini. Tujuannya, salah satunya untuk memaksimalkan peran mahasiswa untuk lingkungan terdekatnya.

Seperti yang dilakukan mahasiswa KKN IAINU Kelompok 15 ini yang membaur bersama masyarakat di Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Sebanyak empat mahasiswa yang masuk Zona Brondong, yakni Ratna Wati, Deny Rosalina Wiartini,  Iqlimatus Sahara dan  Khoirul Amar mulai berperan di lingkungnnya.

Salah satunya adalah membantu pemerintahan desa setempat dalam penangananan Covid-19 termasuk mendistribusikan bantuan untuk warga yang membutuhkan. Dengan bersinergi bersama PKK desa setempat, mahasiswa menyiapkan bantuan untuk warga.

‘’Para mahasiswa membantu menyiapkan sembako dari para dermawan untuk warga yang membutuhkan. Sembako itu dicentelkan di tempat khusus,’’ ujar Jamal Ghofir, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok 15.

Bagi dermawan yang ingin mencantelkan langsung bantuannya ke tempat tersebut juga diperkenankan. Dalam situasi pandemi seperti saat ini memang dibutuhkan saling membantu, saling menjaga dan saling mengingatkan sesama warga.

‘’Mahasiswa juga sosialisasi protokol kesehatan agar masyarakat disiplin menjalankannya,’’ kata Jamal.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.