JELASKAN TANDA : Direkrut RSUD Tuban dr Saiful Hadi Menjelaskan Tanda-Tanda Terinfeksi Varian Delta Covid-19


IAINUonline – Teliti dan rasakan tubuh senndiri. Apakah ada tanda-tanda atau gejala yang tidak beres pada tubuh Anda.

Sebab, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Kabupaten Tuban, dr. Saiful Hadi menjelaskanbeberapa gejala yang dialami seseorang jika terinfeksi Covid-19 Varian Delta atau B.1.617.2.

Varian Delta ini penyebaran dan penularannya jauh lebih cepat dibanding dengan varian lama. Sehingga harus diwaspadai. Di Kabupaten Tuban disebutkan varian Delta ini sudah masuk.

Penjelasan tentang gejala-gejala yang dialami apabila terinfeksi Covid-19 varian Delta itu disampaikan mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban itu melalui video pendek, yang disebar melalui Whatsapp Group (WAG).

Dengan menggunakan bahasa jawa, di awal video itu dokter Saiful Hadi mengatakan, video ini dibuat untuk memberikan penyuluhan dan semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

“Covid-19 varian baru ini perkembangannya cukup pesat. Bahkan, pandemi gelombang kedua ini mengakibatkan banyak rumah sakit penuh,” terang dokter yang juga anggota Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban tersebut.

Beberapa gejala yang dialami apabila terinfeksi Covid-19 varian Delta, di antarannya: perut mual (Sebah), badan pegal linu dan lemas, badan meriang, mulut terasa pahit, hidung agak tersumbat, pusing, batuk jarang-jarang atau sering serta sesak napas.

“Minimal jika ada 4 tanda diatas sudah itu sudah merupakan gejala Covid varian Delta,” jelas dokter Saiful.

Oleh karena itu, dia berpesan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) 3 M+2M, yakni; menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta membatasi bepergian.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.