MARKAS PAGAR NUSA : UKM Pencak Silat Pagar Nusa juga Ada di IAINU


IAINUonline –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencak silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa juga ada di kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban. UKM adalah wadah aktivitas kemahasiswaan di luar kegiatan kelas. Untuk menggali dan mengembangkan minat, bakat, keahlian serta potensi non-akademik para mahasiswa.

Di IAINU Tuban  UKM PSNU Pagar Nusa ini sudah berdiri sejak 2019 lalu. Pagar Nusa merupakan seni bela diri yang dikembangkan di NU, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Pencak Silat NU Pagar Nusa didirikan pada tanggal 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri Jawa Timur oleh KH. Ma’shum Jauhari atau bisa dipanggil Gus Ma’shum.

Pada awalnya Pagar Nusa di IAINU Tuban hanya sebagai kegiatan ekstrakulikuler kampus. Untuk menjadikannya sebagai UKM melalui proses yang panjang. UKM ini dimotori para mahasiswa yang memang sudah bergabung di Pagar Nusa sebelumnya di luar lingkup kampus.

Di antara mahasiswa tersebut adalah Lazib, Imam, Wafi, Kang Shodikin, Gua Ato’ dan Shohibul. Juga Marzuki, Ais dan Jazuli. Hingga akhirnya Pencak Silat NU Pagar Nusa IAINU Tuban diresmikan sebagai UKM pada hari Kamis, 26 Oktober 2019.

Di bawah pembinaan Drs. Ali Fauzi, M.Pd. murid dari Gus Ma’shum pendiri Pagar Nusa dan Rinwanto, S.Sy., M.H. keduanya adalah dosen di IAINU Tuban.

Yang melatarbelakangi pendirian UKM PSNU Pagar Nusa di Kampus IAINU Tuban adalah semangat mengembangkan NU. Sebba, IAINU adalah kampus yang berlatarbelakang NU. Jadi tidak lengkap jika tidak ada seni bela diri dari NU.

UKM ini didirikan tidak lain sebagai pengembangan dan pelestarian pencak silat baik bidang seni, beladiri, mental spiritual, maupun olahraga dan kesehatan.

Yang terpenting adalah untuk mengembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang olahraga beladiri. Serta mengembangkan jiwa organisasi bagi setiap anggota UKM PSNU Pagar Nusa IAINU Tuban.

Dengan adanya Pencak Silat NU Pagar Nusa bisa juga membantu kampus dalam bidang keamanan di setiap kegiatan yang diadakan oleh kampus. Para pendekar Pagar Nusa di IAINU menjelma menjadi semacam Resimen Mahasiswa (Menwa).

UKM PSNU Pagar Nusa IAINU Tuban terus berkembang. Saat ini mahasiswa yang tergabung menjadi anggotanya mencapai 35 anggota.(*)

 

Penulis : Wasiatul Karimah

Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.