PKM Dosen bersama fatayat Merakurak. Photo by Nurlaili Dina Hafni


Demi terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, menggenjot Pengabdian Masyarakat (PKM) bagi para dosen. PKM, yang merupakan salah satu komponen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, baru-baru ini dilaksanakan oleh dosen yang  berkolaborasi dengan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAINU Tuban. PKM ini dilkasanakan di desa Tuwiri Wetan kecamatan Merakurak pada tanggal 9 Maret 2021.

Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah kelompok Fatayat guna  mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan mengusung tema “Penguatan Branding melalui Foto Produk dan Pengembangan Pemasaran Online UMKM.”

Dekan FEBI IAINU Tuban, Dian Rustyawati, mengatakan bahwa perekonomian di Indonesia mengalami peningkatan tidak lepas dari peran pelaku UMKM. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa UMKM merupakan uasaha perorangan yang tidak berbadan hukum.

Untuk membantu usaha pemasaran produk-produk dari UMKM, yang pelakunya merupakan anggota organisasi Fatayat Nahdlatul Ulama ini, perlu  kiat dan trik yang sesuai dengan tuntutan zaman. “Sekarang ini perilaku konsumen cendrungan  berhati-hati dalam memilih barang dan bergeser ke ranah online.” Demikian, ungkap Dekan yang berasal  dari Kecamatan Bangilan ini.

Untuk menjawab tuntutan zaman dan dampak dari pembatasan kegiatan masyarakat di masa pandemi ini, bu Dian, sapaan akrab dekan FEBI ini, memandang perlu ada pendampingan dari FEBI terhadap pelaku usaha UMKM ini agar melek digital dan mampu mem-branding produk-pruduk yang dihasilkan.

Dalam releasse yang dikirim ke tim IAINUONLINE Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam itu secara rinci mengatakan bahwa, tujuan dari PKM ini adalah, menjadikan pelaku usaha (UMKM) binaan CSR Semen Indonesia menjadi lebih matang mempersiapkan pemasaran usaha melalui foto produk yang berkualitas, para pelaku usaha (UMKM) menguasai teknik editing sederhana melalui HP mereka untuk membuat promosi usaha, para pelaku usaha (UMKM) memahami pentingnya penguatan branding, dan para pelaku usaha (UMKM) memahami sekaligus menguasai strategi pemasaran online baik via sosial media maupun marketplace.

Foto bersama setelah terlaksananya kegiatan PKM di Merakurak

Kegiatan ini dibuka oleh Nurlaili Dina Hafni, salah satu dosen senior di IAINU Tuban. Selanjutnya, materi disampaikan dalam dua sesi. Sesi pertama, materi tentang Foto Produk, yang dipandu oleh Dian Rustyawati. Sedangkan Foto Fashion, disampaikan oleh Istiana, salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Tuban.

Penerima manfaat (beneficiaries) kegiatan ini adalah kelompok Fatayat Merakurak yang telah menjalankan usaha dan mengikuti pelatihan. Pada kegiatan ini setiap peserta mendapat fasilitas berupa alas foto dan property yang bisa digunakan untuk praktik foto produk.

Sementara itu, Ketua Fatayat Merakurak, Chunaini, merasa senang karena terbantu dengan  pelatihan untuk pengembangan diri anggotanya. Respon yang sama juga diberikan oleh anggota Fatayat peserta pelatihan, seperti sobat  Atik,  yang semangat berlatih dan memberikan respon positif di grup peserta.

Penulis : M.Zaqin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.