IAINUonline – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah melakukan kegiatan pemetaan potensi desa di tiga kecamatan, yakni : Kecamatan Montong, Jenu, dan Palang.

Pemetaan ini dilaksanakan dalam rangka penugasan mata kuliah Kewirausahaan Sosial, di mana mahasiswa dilatih untuk terjun langsung ke lapangan, melihat lebih dekat kondisi yang ada di masyarakat, berinteraksi dengan penduduk lokal, dan kemudian dilanjutkan dengan membuat inovasi produk unggulan desa.

Pemetaan potensi desa ini dilaksanakan selama 2 hari dan dilakukan secara berkelompok. Pada kegiatan ini, mahasiswa terbagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok bertanggungjawab untuk melakukan pemetaan di satu desa.

Mahasiswa belajar untuk memetakan potensi dan permasalahan yang ada di desa. Potensi yang dimaksud meliputi potensi sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang ada di sana.

Selain itu mahasiswa juga menyebar angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk membantu mereka mendapatkan gambaran mengenai kondisi yang ada di sana.

Keberlanjutan dari kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu menemukan ide dan melakukan inovasi dari potensi maupun permasalahan yang ada di desa untuk dijadikan salah satu unggulan desa, seperti produk unggulan desa.

Kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah daerah yang sedang mencanangkan 1 Desa 1 Produk Unggulan.

Harapan dari terlaksananya kegiatan ini, mahasiswa menjadi lebih peka pada situasi di masyarakat untuk kemudian mengambil peran dan memberikan manfaat bagi perkembangan masyarakat.(*)

 

Penulis : Dian Rustyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.