Oleh : Dian Rustyawati

IAINUonline Saat ini program studi (prodi) perbankan syariah telah menjadi salah satu program studi yang banyak dipertimbangkan oleh para calon mahasiswa. Hal ini disebabkan karena berkembangnya sector perbankan, khususnya perbankan Syariah. Pertumbuhan sector perbankan Syariah ini tentunya diiringi dengan kebutuhan akan sumberdaya manusia penunjangnya.

Menangkap fenomena ini, IAINU Tuban menginisiasi terbentuknya prodi Perbankan Syariah untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan prodi ini. Dibandingkan prodi lain, seperti prodi-prodi di Fakultas Tarbiyah, prodi Perbankan Syariah masih jarang didengar di KabupatenTuban.

Sehingga banyak yang belum tahu lebih dalam mengenai prodi ini.

Perbankan Syariah berbeda dengan perbankan konvensional. Pun sama dengan prodi Perbankan Syariah. Di prodi perbankan syariah ini mahasiswanya akan mempelajari segala hal tentang kegiatan perbankan yang semuanya sesuai dengan hokum atau syariah Islam. Sedangkan, perbankan konvensional mengajarkan mahasiswanya tentang kegiatan perbankan berdasarkan prinsip kapitalisme.

Ada pun materi yang akan dipelajari di program studi perbankan Syariah di antaranya:

  1. Pengantarekonomi Islam

Semester awal mahasiswa akan mempelajari tentang pengantar ekonomi Islam. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengajarkan mahasiswanya tentang pengaplikasian prinsip ekonomi yang sesuai dengan prinsip Islam terhadap kegiatan penciptaan dan pendistribusian barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan umat.

  1. Pelaporan dan analisiskeuangan

Dunia perbankan pasti tidak lepas dari kegiatan administrasi dan pelaporan keuangan. Karena itu, di prodi perbankan syariah, mahasiswa akan mempelajari segala hal tentang pelaporan keuangan seperti aspek penyediaan dan penyampaian informasi keuangan.

Selain mempelajari pelaporan, mahasiswa juga akan mempelajari tentang analisis keuangan untuk memastikan kalau informasi keuangan yang ingin disampaikan sudah akurat, lengkap, dan sesuai dengan tujuan laporan keuangan itu sendiri.

  1. Layanan produk dan jasa bank syariah

Bank syariah memiliki produk yang siap ditawarkan kepada pihak nasabah sehingga materi layanan produk dan jasa bank syariah merupakan materi yang wajib dipelajari oleh mahasiswa.

Jasa yang ada di bank syariah, yaitu: Wakalah (perwakilan kepada pihak bank untuk melakukan transaksi), Kafalah (jaminan yang diberikan oleh pihak bank kepihak lain), Joalah (kontrak bank dengan pihak lain), Rahn (gadai).

  1. Etika bisnis Islam

Etika bisnis Islam adalah suatu materi yang mengajarkan mahasiswanya tentang suatu proses dan upaya untuk mengetahui mana yang merupakan hal benar dan salah selama menjalankan kegiatan perbankan syariah seperti cara memberikan produk atau pelayanan bank kepada pihak yang berkepentingan.

  1. ManajemenSumberDayaManusia (SDM)

Dalam sebuah Lembaga perbankan, diperlukan adanya pengelolaan SDM sehingga bias dilakukan distribusi tenaga kerja sesuai dengan ketrampilan dan potensi masing-masing.

  1. Manajemen pemasaran dan pembiayaan bank syariah

Tidak hanya perbankan konvensional, bank syariah juga memerlukan pemasaran dan pembiayaan agar produk dan jasanya bias digunakan oleh masyarakat  dan mendapat keuntungan. Namun,pemasaran tersebut sulit dilakukan jika tidak diolah dengan baik.

Maka dari itu, prodi perbankan syariah akan mengajarkan kepada mahasiswanya tentang manajemen pemasaran dan pembiayaan bank syariah.

Selain 6 mata kuliah di atas, akan banyak mata kuliah lain baik yang bersifat umum maupun spesifik mempelajari mengenai dunia perbankan Syariah yang akan diajarkan pada mahasiswa prodi Perbankan Syariah IAINU Tuban.

Hal ini dilakukan karena selain mempersiapkan mahasiswanya untuk kerja di bank syariah yang luas, mahasiswa juga diajarkan agar bias memulai usaha sendiri atau memulai perbankan syariah sendiri.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.