IAINUonline –  Tim KKN Temarik IAINU Tuban memberi pendampingan belajar siswa usia Sekolah Dasar (SD) melalui program kerja KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Setelah diteliti, ditemukan kurangnya pembelajaran dari sekolah untuk menumbuhkan semangat belajar siswa/siswi SD Tanggulangin II. Sehingga menyebabkan siswa/siswi merasa bosan dan menyebabkan turunnya minat belajar. Hal ini diungkap oleh Kepala Divisi program kegiatan pembelajaran.

Program kerja KBM oleh Tim KKN Tematik kelompok 05  ini diawali dengan sosialisasi kepada kepala sekolah. Kemudian melakukan pendampingan pembelajaran yang dilaksanakan rutin empat hari dalam seminggu. Mulai Hari Senin sampai Kamis. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada pagi hari, pukul 07.00 (sesuai jam pelajaran di sekolah) hingga pukul 09.00 WIB di SD Tanggulangin II.

Selain membantu penjelasan materi pembelajaran, tim KKN kelompok 05  juga mengajak siswa untuk membuat kreatifitas seusai dengan tema pembelajaran. Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan.

Mahasiswa yang terlibat menjelaskan materi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman. Sehingga diskusi yang mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotorik mereka. Misalnya permainan tebak urutan nama-nama asmaul husna dengan diberikan arahan tersebut oleh salah satu mahasiswa KKN, dan uji kehafalan siswa/siswi dalam menghafalkan asmaul husna tersebut.

Program kerja KBM ditutup dengan membuat Media Pembelajaran sederhana di kelas. Harapannya kegiatan ini bisa membuat siswa menemukan cara belajar yang menyenangkan agar kembali semangat belajar.(*)

 

Penulis : Dwi Widyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.