IAINUonline – Melihat melimpahnya hasil tani masyarakat Desa Nguluhan, khususnya jagung, menyebabkan banyaknya limbah janggel jagung yang terbuang sia-sia. Oleh karena itu, Kelompok 4 KKN Tematik IAINU  di desa itu menginisisasi bagaimana caranya agar limbah yang dianggap tidak berguna oleh masyarakat itu bermanfaat dan menjadikannya sebagai sumber daya yang ramah lingkungan.

Kelompok 4 KKN Tematik IAINU 2022 mampu menciptakan pupuk organik yang terbuat dari limbah janggel jagung serta limbah kandang. Setelah melakukan riset, Kelompok 4 KKN Tematik IAINU 2022 menemukan inovasi dan memperkenalkan produk pupuk hasil karya kelompok 4 KKN Tematik IAINU 2022 kepada masyarakat Desa Nguluhan.

Kelompok KKN Tematik IAINU 2022 mengadakan sosialisasi pengolahan limbah janggel jagung yang diselenggarakan di balai desa setempat. Sosialisasi tersebut dihadiri para perangkat desa serta warga Desa Nguluhan.

“Dengan adanya kakak-kakak KKN ini, saya harapkan mampu menjadi motivasi bagi masyarakat desa Nguluhan untuk menjadi lebih produktif lagi kedepannya,” ujar Kepala Desa Nguluhan dalam sambutannya.

Sosialisasi tersebut disambut hangat oleh warga. Limbah yang sebelumnya terbuang sia-sia di pekarangan rumah-rumah warga kini dapat dimanfaatkan menjadi suatu hal yang dapat berguna bagi pertumbuhan tanaman.

“Manfaat dari pupuk ini di antaranya mampu memperbaiki kandungan tanah juga mampu menyuburkan pertumbuhan tanaman. Kandungan yang terdapat dalam pupuk B-Organik terdiri dari 13% kadar air, 10% protein, serta zat-zat lainnya,” jelas Hamam, Koordinator Devisi Lingkungan Masyarakat.

Dengan disambut hangatnya program tersebut, warga meminta tindak lanjut dari kelompok 4 KKN Tematik IAINU 2022 untuk mengadakan pembuatan pupuk B-Organik serentak bersama warga Desa Nguluhan agar ke depannya dapat diimplementasikan demi meningkatkan kualitas hasil panen warga desa yang mayoritas berprofesi sebagai seorang petani.(*)

 

Pewarta: Tsania Ni’matus Sa’diyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *