MERIAH : Salah Satu Lomba dalam Peringatan HUt Kemerdekaan di Desa Padasan, Kerek


IAINUonline – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke -77 Republik Indonesia juga dilaksanakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata IAINU Tuban Kelompok 10. Mereka berkolaborasi dengan Karang Taruna Tunas Harapan Desa Padasan, Kecamatan Kerek menggelar berbagai lomba untuk anak-anak.

Berbagai lomba yang diadakan di antaranya makan kerupuk, tarik tambang, voli air, pindah karet, estafet sarung, kursi joget, tarik tambang. Lomba tersebut dilaksanakan di lapangan Desa Padasan dan diikuti oleh anak-anak Desa Padasan.

Di akhir perlombaan, diadakan babak final antara 2 pemenang dari masing-masing babak untuk menentukan juara utama dalam perlombaan ini.

Lomba tarik tambang misalnya diikuti sebanyak 30 peserta. Pada lomba tersebut, peserta dikelompokkan menjadi 6 kelompok yang mana perkelompok diisi dengan 5 orang. Dan di akhir pertandingan diadakan babak semi final. Lomba tersebut berjalan dengan sangat meriah yang telihat dari banyaknya sorakan penonton selama lomba berlangsung.

Lomba ketiga yakni lomba voly air, lomba ini diikuti oleh anak-anak yang di pasang-pasangkan, 1 pasang diisi oleh 2 peserta. Dan dalam satu permainan di isi oleh 2 anggota. Permainan tersebut dilakukan dengan mengumpankan bola yang terbuat dari balon yang diisi air kepada lawan menggguankan karung yang dilebarkan.

Anggota yang tidak bisa menangkap bola dan bolanya terjatuh maka itulah anggota yang kalah. Dan pada akhir lomba tersebut di adakan babak final yang mana pada babak tersebut akan mengambil juara 1 dan juara 2 dari keseluruhan kelompok.

Lomba yang ke empat yakni lomba estafet sarung, anak-anaknya dikelompokkan menjadi 4 kelompok dan 1 kelompoknya berisi 5 orang peserta. Skema lombanya dengan cara tangan direntangkan dan bergandengan satu sama lain, lalu sarungnya di estafet. Kelompok yang sarungnya cepet Sampek kefinis lagi maka itulah pemenangnya.

Lomba kursi joget, diikuti oleh 45 peserta. Cara main lomba kursi joget ini yaitu dengan di sediakan 6 kursi secara melingkar. Lomba yang diadakan selanjutnya adalah lomba tarik tambang. Pada lomba ini, peserta diharuskan untuk membentuk kelompok, pada setiap kelompok di isi oleh 5 orang peserta. Lomba ini berjalan dengan sangat meriah terlihat dari banyaknya penonton yang datang hanya untuk melihat lomba ini.

Pada penutupan lomba,  pada pagi hari diawali dengan jalan sehat yang diikuti dengan antusias oleh warga Padasan, , dan dimeriahkan oleh orjen tunggal, lalu disambung dengan pengumuman pemenang kupon jalan sehat.

Selanjutnya pada malam hari diadakan pentas seni yang ditampilkan oleh beberapa lembaga setempat, mulai dari SD, MI, TK, dan PAUD, dan dilanjut dengan pengumuman pemenang  lomba. Acara ini dihadiri PJ Sekretaris  Desa, dan beberapa  perangkat desa lainya serta masyarakat sekitar.

Pada acara tersebut, para pemenang lomba menerima hadiah yang telah disiapkan oleh kelompok KKN 10 IAINU dan Karang Taruna. Selanjutnya acara ditutup dengan dagelan dari Rembang dan campursari dari Rengel, sebagai semarak hiburan untuk seluruh warga desa Padasan.(*)

 

Penulis : Nur Lailatul Lutfia

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *