DRAMA : Salah Satu Mahakreasi Menampilkan Drama Aji Saka


IAINUonline – Rangkaian kegiatan untuk memeringai ulang tahun (diesnatalis) ke – 6 program studi (prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban ditutup, Sabtu (2/7/2022).

Mahakreasi kegiatan yang menutup rangkaian kegiatan tersebut. Mahakreasi digelar di aula KH.Hasyim Asy’ari komplek IAINU Tuban. Beragam tampilan seni disuguhkan dalam kegiatan ini. Mulai dari tarian, musikalisasi puisi, hadrah sampai drama singkat yang menceritakan tentang Aji Saka. Semua dialog drama tersebut menggunakan Bahasa Jawa.

‘’Semua tampilan ini dibawakan oleh mahasiswa prodi PGMI,’’ ujar Mayada Izzatul A’yun Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) PGMI IAINU Tuban.

Maya mengatakan, semua tampilan sejak awal disiapkan dengan serius. Untuk kostum dan busana [ara penampil, sebagian dibuat sendiri dan ada beberapa yang menyewa. Para mahasiswa ini ingin melestarikam budaya dan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berekspresi.

‘’Penampilan ini sekaligus tugas akhir semester, jadi penampilan juga dinilai,’’ kata Mayada.

Sementara Nurhaningtyas Agustin, M.Pd Ketua Prodi PGMI membenarkan bahwa kreasi para mahasiswa ini adalah tugas akhir yang merupakan bagian dari mata kuliahg seni budaya dan prakarya (SBDP). Karena itu, para mahasiswa sangat serius untuk menyiapkan tampilan mereka.

‘’Iya, ada penilaian karena masuk bagian dari ujian mata kuliah,’’ katanya.

Sebelumnya, para mahasiswa prodi PGMI sudah melaksanana kegiatan learning and traveling di MI Al Hidayah, Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang dan menggelar lomba menggambar tingakt SD dan MI se Kabupaten Tuban dalam rangkaian kegiatan ulang tahunnya. Juga menggelar bazaar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.