BEASISWA : Ada Banyak Beasisswa yang Bisa Diakses Mahasiswa


IAINUonline – Perhatian pemerintah pada Peruguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) mulai bertambah. Mulai tahun ini, mahasiswa di perguruan tinggi Islam baik negeri maupun swasta bisa mengakses sejumlah beasiswa.

Termasuk mahasiswa di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) bisa mengakses beasiswa tersebut. Persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mengakses biaya kuliah gratis dari Kemenag itu juga tidak ribet.

Ada beasiswa tahfidz Alquran. Beasiswa ini diberikan pada mahasiswa yang tahfidz atau sedang dalam proses menghafal ALquran. Mahasiswa yang mengakses beasiswa ini bisa menerima Rp2 juta per semester per mahasiswa. Syaratnya mahasiswa hafal minimal 10 juz Alquran. Juknis download disini

Ada juga Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik (BPPA). Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non akademik. Para mahasiswa yang memiliki prestasi yang baik dan meraih juara dalam event regional, nasional dan internasional. Juknis download disini

Beasiswa ini untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjaga nilai-nilai keislaman. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

Beasiswa ini dapat meningkatkan mutu mahasiswa di PTKI memberikan penghargaan atas capaian prestasi mahasiswa dan menambah semangat kepada mahasiswa untuk terus berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik.

Prestasi tingkat provinsi terima bantuan Rp3 juta, prestasi tingkat nasional terima bantuan Rp4 juta, prestasi internasional terima bantuan Rp5 juta dan mahasiswa dengan IP terakhir di atas 3,5 terima bantuan Rp2 juta.

Selain itu, juga ada beasiswa Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS).

Sasaran program adalah Putra-Putri Daerah 3T lulusan pendidikan MA/SMA sederajat serta memiliki potensi akademik baik dan berasal dari keluarga kurang mampu yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) Bagi Putra Putri Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) selanjutnya disebut Beasiswa Adiktis Daerah 3T. Beasiswa ini berupa biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik dan tidak mampu secara ekonomi untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Juknis download disini

Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri dari daerah 3T lulusan MA/SMA sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memperoleh pendidikan tinggi di PTKI yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI. Menyiapkan sumber daya manusia putra-putri daerah 3T yang berkualitas untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Serta meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam (PTKI) bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik; 4. Melahirkan lulusan PTKI yang berkarakter, mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial sehingga mampu memutus mata rantai kemiskinan.

Syarat mahasiswa yang ingin mengakses beasiswa ini di antaranya memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik dan direkomendasikan oleh Madrasah/Sekolah. Mahasiswa bakal terima Rp6 juta per semester per mahasiswa.

Juga ada beberapa beasiswa lain seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), beasiswa BAznas Tuban, beasiswa rekomendasi MWC NU juga beasiswa bagi pemegang kartu anggota Nahdlatul Ulama (Karta NU).

Selain beasiswa tersebut, mahasiswa juga bisa mengakses Bantuan Lembaga Kemahasiswan (BLK). Bantuan lembaga kemahasiswaan adalah memberikan dukungan untuk memajukan pengembangan mahasiswa sebagai ujung tombak perubahan dan pembangunan bangsa melalui berbagai program afirmasi. Juknis download disini

Tujuan bantuan ini untuk meningkatkan kualitas mahasiswa melalui peran lembaga kemahasiswaan, baik pada sisi pengembangan mutu akademik maupun penguatan peran

sosial kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan.

Mengembangkan wawasan mahasiswa secara integratif yang dilandasi dengan keseimbangan kualitas akademik dan non akademik; 3. Menyiapkan mahasiswa yang berakhlak mulia, menghargai nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan. Serta mengaplikasikan dan mengejawantahkan Tri Dharma perguruan tinggi melalui forum lembaga kemahasiswaan.

Sehingga meningkatkan mutu lembaga kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Lembaga kemahasiswaan bisa mengakses dana sampai Rp30 juta dari bantuan ini.

IAINU Tuban terdiri dari empat fakultas dengan enam program studi. Yakni Fakultas Tarbiyah dengan tiga program studi; Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dengan program studinya Perbankan Syariah. Kemudian Fakultas Syariah dengan program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Fakultas Dakwah dengan program studi Manajemen Dakwah.(*)

2 thoughts on “Ini Beasiswa yang Bisa Diakses Jika Kuliah di IAINU Tuban”
  1. Assalamualaikum saya rissiril Hana dari prodi pgmi tahun ajaran 2022/2023 kemarin sudah menyerahkan berkas berupa sertifikat juara 3 KSM mapel ekonomi tingkat kabupaten apakah sudah di proses, karena saya mengajukan beasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.