IAINUonline – Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban I Made Arjana mengundang dosen dan mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah (KTI).

Lomba tersebut digelar dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional. Diharapkan dosen dan mahasiswa di IAINU bisa mengikuti kegiatan ini.

‘’Melalui Rektor IAINU Tuban untuk menyampaikan kepada jajaran, dosen dan mahasiswa agar dapat berpartisipasi dalam bidang literasi melalui kegiatan paper challenge (penulisan KTI),’’ tulis I Made Arjana dalam surat yang dikirim ke Rektor IAINU.

Lomba akan dilaksanakan pada 17 Mei sampai 1 Juli 2022. Untuk tulisan ada beberapa subtema yang bisa diambil. Di antararanya adalah Rehabilitasi Rawat Jalan, Rehabilitasi Rawat Inap, Intervensi Berbasis Masyarakat,Pacsarehabilitasi/Aftercare dan Peran Keluarga dalam Proses Pemulihan.

Link pedoman dan persyaratan bisa dilihat di : https://.bit.ly/syaratpapercallenge2022 sedang link registrasi dan pengumpulan KTI bisa dilihat di : https://bit.ly/regissubmitKTI sebagai rujukan adalah Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Peraruran Presiden Nomor 47 Tahun 2019 tentang Perubahan Perubahan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional.

Juga Peraturan Badan Narkotika Nasional Nomor 6 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Narkotika Nasional Provinsi dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota. Selain itu, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 13 Tahun 2016 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Peraturan Daerah  Kabupaten Tuban Nomor 20 Tahun 2016 tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Di antara syarat lomba, KTI adalah karya orisinil,  peserta menandatangani surat pernyataan keaslian KTI. Kemudian KTI tidak mengandung SARA dan pornografi. Peserta boleh berasal dari petugas rehabilitasi BNNP/K, petugas UPT Rehabilitasi BNN, instansi terkait, lembaga rehabilitasi milik komponen masyarakat, mahasiswa, akademisi, praktisi, dan masyarakat luas.

Penulis atau peserta bisa perorangan atau kelompok dan memberikan persetujuan untuk BNN dapat mempublikasikan hasil KTI dengan menandatangani surat pernyataan pemberian izin publikasi hasil KTI.

Ketentuan penulisan, KTI menggunakan template yang telah ditentukan. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan panjang naskah tidak lebih dari 7.500 kata (tidak termasuk daftar pustaka) dan maksimal 15 halaman cetak.

Desain penelitian kualitatif/kuantitatif/campuran atau literature review systematic review metaanalisis. Abstrak membuat IMRAD (introduction/latar belakang, methodology atau metodologi, result atau hasil, aims atau tujuan serta diskusi (discussion).

Sementara referensi artikel jurnal maupun  buku maksimal terbitan 10 tahun terakhir dan ditulis menggunakan aturan penulisan APA (American Psychology Assosiation) dengan referensi utama adalah hasil penelitian BNN. Penulis wajib menggunakan minimal satu literartur yang bersumber dari website BNN : https://www.bnn.go.id.

Sistematika di antaranya judul harus menggambarkan isi dari karya tulis ilmiah, abstrak membuat IMRAD, pendahuluan terdapat perumusan masalah berdasarkan data yang jelas. untuk metode penelitian terdiri dari sifat penelitian, sumber data, teknik dan prosedur pengumpulan data dan analis data.

Hasil penelitian yang didapatkan dari kajian yang telah dilakukan. Pembahasan berisi analisis untuk menjawab rumusan masalah. Juga ada kesimpuland dan saran yang menjawab permasalahan dan tujuan penelitian serta memberikan solusi sebagai hasil analisis.

Pendaftaran untuk lomba sendiri mulai dari hari ini 30 Mei 2022 sampai dengan 6 Juni 2022 mendatang. Pengumpulan naskah mulai 17 Mei sampai 1 Juli 2022, pada 1 Agustus 2022 pengumuman nominasi atau 4 naskah terbaik. Pada 3-6 Agustus 2022 pengumpulan bahan presentasi dan 25 Agustus 2022 presentasi dan pengumuman pemenang.

Pemenang pertama dalam lomba ini mendapat piagam penghargaan, medali dan uang tunai Rp10 juta, juara kedua Rp7,5 juta, juara ketiga Rp5juta dan juara keempat Rp3juta dengan masing-masing menerima piagam penghargaan dan medali.

Silakan berpartsipasi. Untuk dosen dan mahasiswa yang berminat ikut dalam lomba ini bisa mendaftar melalui Bagian Humas dan nanti akan ada pembinaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAINU Tuban. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.