IAINUOnline – Dua mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban dari program studi (prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Nadia Aliyatuz Zulfa dan Wardah Al-Mahmudah mengikuti rapat kerja wilayah (rakerwil) III IKMAPISI (Ikatan Mahasiswa PIAUD Seluruh Indonesia) DPW 4 Jawa Timur dan Bali.

Acara digelar pada 26-27 Mei 2022 di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Selain raker, kegiatan juga diisi dengan seminar ‘Merdeka Bermain’. Sebab, anak-anak di usia PAUD adalah baru fase bermain. Fase ini perlu didampingi dengan benar.

Seminar diisi narasumberi Sri Mulyani,M.Pd dosen UINSATU. Sri Mulyani di antaranya yang menjelaskan bahwa merdeka bermain merupakan self organisation  atau anak mampu bermain memilih apa yang dia mau dan apa yang ingin dia lakukan tanpa paksaan orang tua ataupun orang di sekitarnya.

Juga self renewing, yakni anak mampu monitor kemajuan, menerapkan pengetahuan sebelumnya, fleksibilitas, dan anak mampu menerapkan apa yang ada di otaknya dengan segala jenis permainan atau hal apapun yang ingin dimengerti.

Dari pembahasan dalam seminar tersebut, diharapkan mahasiswa prodi PIAUD yang merupakan calon pendidik mampu memahani dan menguasai kemampuan untuk mendidik sesuai dengan fase anak didik yang menjadi tanggungjawabnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.