IAINUonline – Sullamul Hadi, S.Ag, SH, MH terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni Unsuri, STITMA dan IAINU setelah dalam pertemuan alumni lintasgenerasi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban ini dipilih secara aklamasi.

Pria yang akrab disapa Gus Hadi ini merupakan putra KH. Abdul Matin Jawahir, mantan Ketua STITMA. Perguruan tinggi milik Nahdlatul Ulama (NU) yang berada di Jalan Manunggal ini sebelum berubah nama menjadi Institut Agama Islam Nahdlaltul Ulama (IAINU) seperti sekarang ini, berganti nama dua kali.

Pertama berdiri, merupakan cabang Uninversitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya yang ada di Tuban. Kemudian berdiri sendiri menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Makhdum Ibrahim (STITMA) kemudian, setelah menambah fakultas dan program studi (prodi) berubah lagi menjadi IAINU.

Karena itu, alumni perguruan tinggi ini juga berbeda-beda. Karena ada alumni Unsuri, STITMA dan alumni IAINU yang sudah dua angkatan. Namun, pada pertemuan alumni lintasgenerasi yang digelar di ruang rapat IAINU Tuban pada Sabtu (29/1/2022) lalu itu, semua sepakat untuk melebur dan membentuk organisasi.

Sebelumnya pernah dibentuk ikatan alumni dengan ketua (almarhum) Imam Suroso Hadi Prayitno, karena kurang aktif dan beberapa pengurus sudah meninggal, sehingga ikatan alumni itu dibentuk lagi dengan harapan bisa bergerak lebih aktif lagi.

Sebab, saat memberi wejangan dalam pertemuan alumni tersebut, KH.Hidayaturrohman Sekretaris BPP NU yang membawahkan IAINU Tuban menyatakan, bahwa untuk membuat maju sebuah lembaga tidak bisa dilakukan oleh lembaga tersebut sendirian. Lembaga pendidikan agar maju bisa ditopang oleh tiga pilar utama, yakni lembaga itu sendiri, orang tua wali mahasiswa dan alumni.

‘’Sehingga, alumni punya peran besar untuk ikut membangun IAINU ini,’’ ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Rektor IAINU Tuban M.Zaini, S.Ag, M.Si. Dia mengatakan  alumni punya sumbangsih yang besar untuk kemajuan IAINU. Karena itu, dia berharap alumni ikut membantu dan menjaga IAINU sebagai perguruan tinggi yang langsung di bawah NU agar semakin berkembang dan maju.

‘’Jika ada sesuatu yang kurang pas, bisa memberikan saran dan masukan demi kebaikan dan majunya IAINU,’’ pintanya.

Dalam pertemuan, selain disepakati memilih Gus Hadi sebagai ketua, juga memilih Sri Wiyono, S.Ag sebagai sekretaris dan Nuraini, S.Ag, MA sebagai bendahara. Selanjutnya akan disusun kepengurusan lengkap, termasuk memilih koordinator kecamatan atau wilayah di seluruh Kabupaten Tuban.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.