SIMULASI : Petugas Lapas Tuban Dilatih Penanggulangfan Kebakaran


IAINUonline – Tragedi kebakaran di Lapas Tangeran September lalu yang membuat 49 warga binaan meninggal masih menyisakan luka, di kalangan lembaga di bawah Kemenkum HAM. Tak ingin kejadian seperti itu terulang, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban bekerja sama dengan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Tuban menggelar mosialisasi dan simulasi peralatan proteksi kebencanaan dan kebakaran di Lapas Tuban, Selasa (16/11).

Kepala Lapas Tuban Siswarno mengatakan bahwa kegiatan itu dalam rangka arahan dari pusat untuk melakukan kesiapan penanggulangan bencana di UPT Pemasyarakatan.

“Kita tidak berharap bencana, namun kalaupun ada bencana kita sudah siap tanggap karena dibekali ilmu sehingga bisa maksimal dalam menanggulangi,” ujarnya.

Ayah dua anak tersebut berharap jajarannya dapat mengikuti dengan baik, karena menurutnya kegiatan ini sangat berharga dan penting mengingat banyak bencana yang terjadi kapanpun dan di mana pun.

“Namanya pembelajaran itu perlu, kita tidak tau bencana itu kapan hadir, jadi harap ikuti dengan seksama,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tuban Djumali mengatakan bahwa sosialisasi yang mencakup adalah mengenalkan potensi daerah potensi kabupaten Tuban yang rawan bencana serta cara memproteksi lapas dari kebakaran.

“Kami sampaikan pentingnya peralatan kebakaran dan mitigasi bencana sehingga diharapkan seluruh petugas Lapas Tuban mengetahui menyikapi jika ada hal tersebut,” jelasnnya.

Kegiatan tersebut melibatkan 55 petugas dari satu-satunya UPT Kanwil Kemenkumham Jawa Timur di Kabupaten Tuban serta 8 orang dari BPBD Tuban. Setelah mengadakan sosialisasi di Aula acara berlanjut dengan simulasi pemadaman kebakaran yang berlangsung di lapangan Lapas Tuban.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.