ZIARAH : Kepala Lapas Tuban saat Ziarah ke Makam Pahlawan


IAINUonline – Jasa pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan bangsa ini patut terus dikenang. Dan generasi setelahnya bisa meneladani jiwa pantang menyerah dan rela berkorban untuk bangsa dan negara. Mengisi kemerdekaan sebaik mungkin, sesuai dengan bidang dan kapasitas masing-masing.

Karena alasan itulah Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tuban Siswarno mengajak dan memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Ronggolawe Jalan Pahlawan Kabupaten Tuban, pada Selasa (26/10/2021).

Kalapas beserta seluruh jajaran lainnya juga melaksanakan apel sebagai bentuk penghormatan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2021 Kementerian Hukum dan HAM RI.

Usai apel, Siswarno melanjutkan kegiatan dengan peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di atas pusara para pahlawan kemudian diikuti oleh para peserta ziarah lainnya.

“Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan insan Pemasyarakatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya

Pria asli Mrutuk, Widang, Tuban tersebut mengajak seluruh jajaran  menggelar apel dan ziarah dalam rangka HDKD ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela negara. Apa yang telah dilakukan para pahlawan bisa menjadi sumber motivasi serta inspirasi bagi yang masih aktif untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa demi kejayaan bangsa dan negara.

Setelah menggelar tabur bunga, satu-satunya UPT Kanwil Kemenkumham Jatim di Kabupaten Tuban ini melanjutkan dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti oleh seluruh jajaran, Dharma Wanita Persatuan  Lapas Tuban, dan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dalam kegiatan tersebut selaku penceramah yaitu Gus Masyhudi Al Hasyim Pengasuh Pondok Pesantren Mambaussholihin, Banjararum, Rengel.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.