Peringatan Maulid Nabi oleh Pondok Pesantren Darul Ma'arif


Robiul Awal adalah bulan dimana setiap orang islam khususnya Orang NU sendiri memperingati bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Yang sering kita kenal dengan sebutan Maulid Nabi, atau Maulidul Rosul, bulan dimana lahirnya sosok seorang petunjuk umat agar kembali ke jalan yang lurus.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Darul Ma’arif Tuban yang di asuh oleh Ust. Yudi Arianto.  Pada hari Selasa 20 Oktober 2021, tepat tanggal 12 Rabiul Awal 1443 H. Kegiatan ini tak lain sebagai wujud cinta, dan kebahagian atas kelahiran nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dikemas dengan sederhana namun tidak meninggalkan unsur kesenian dan keislaman itu sendiri.

Peringatan Maulid Nabi ini, diikuti oleh seluruh komponen Pondok Pesantren, mulai dari Ustad Ustadzah, santriwan-santriwati, tamu undangan dan santri serta wali santri TPQ Darul Ma’arif. Tepat pukul 19.15 wib acara ini dimulai dengan pra acara oleh grup rebana santriwati Pondok Pesantren Darul Ma’arif, dilanjutkan penampilan dari anak-anak TPQ, kemudian dilanjutkan pembacaan mahalul qiyam dan mauidhotul hasanah yang disampaikan oleh Bapak Jamal Ghofir.

Dalam Peringatan Maulid Nabi kali ini dipenghujung acara terdapat satu keunikan tersendiri yaitu buyak jajan dan uang, pada penghujung acara inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua tamu yang hadir. Keunikan ini termotivasi dari tradisi daerah asal ibu Nyai Pondok. “Pohon buah dan uang, merupakan sebagian wujud atas kelahiran Nabi Muhammad SAW dalam tradisi pohon buah yang kemudian dikeroyok oleh semua yang menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” Ujarnya.

Penulis : Siti Nurjanah (pai-E)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.