IAINUonline – Upaya pengembangan kampus dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi (PT) yang telah mapan.

Salah satu perguruan tinggi yang saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan IAINU Tuban  adalah Universitas Islam Malang (Unisma). Deal kerjasama antardua perguruan tinggi Nahdlatul Ulama (NU) ini makin dekat. Kedua belah pihak sudah saling berkunjung dan koordinasi.

Minggu lalu, perwakilan dari IAINU Tuban melakukan kunjungan balasan serta menindaklanjuti tawaran kerjasama yang dilakukan Unisma. Tak tanggung-tanggung, tiga wakil rektor IAINU langsung memimpin kunjungan tersebut.

Di antaranya Drs. Imam Supriyadi, M.Th.I Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang SDM, Keuangan dan Sarana Prasarana  Isnawati Nur Afifah Latif, M.Pd.I dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Kerjsama Drs.KH.Fathul Amin, M.Pd.I.

Selain itu, rombongan IAINU Tuban menyertakan Ulfa Masfifah, S.Psi, M.A Sekretaris Lembaga Penjamin Muti (LPM), Sholikah, M.Pd.I Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Kepala Biro Syamsul Arifin, S.Pd.I dan Moch. Abdurrozaq Arromli, Amd.Lib staf perpustakaan.

‘’Kerjasama yang sedang kita rancang ini ada tiga bidang, salah satunya adalah perpustakaan,’’ Imam Supriyadi.

Dia mengatakan, rombongan dari IAINU Tuban tiba di kampus Unisma di Jalan MT.Haryono Malang, diterima langsung oleh Rektor Unisma Prof.DR. Maskuri, M.Si dan jajarannya. Setelah ramah tamah, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan yang bersifat teknis. Misalnya pertemuan dengan jajaran program pascasarjana dan dengan bidang-bidang lainnya.

Imam mengatakan, untuk program pascasarjana pendidikan S3, di IAINU Tuban akan dibuka kelas untuk melaksanakan perkuliahan. Karena kerjasama, dimungkinan untuk biaya perkuliahan bisa ditekan.

‘’Untuk pengembangan kampus dan peningkatan kualitas SDM, kita terus kita genjot,’’ tambahnya.

Kerjasama lain yang bakal dilakukan adalah bidang perpustakaan. Saat memimpin rombongan Unisma ke IAINU Tuban pada akhir Agustus lalu, Dr. H. Nur Fajar Arief, M.Pd Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Pogram Pasca Sarjana Unisma menyampaikan peluang itu.

Fajar Arief saat itu membawa serta rombongan yang di antaranya adalah Prof DR. KH Djunaidi Ghoni, guru besar pendidikan agama islam (PAI) Unisma, sekaligus ketua program studi doktoral PAI. Selain itu ada DR. A. Tabrani M.Pd dari prodi S2 Bahasa Indonesia dan Muhibbin dari prodi S2 ilmu hukum.

Di bidang perpustakaan ini, Unisma baru saja meresmikan perpustakaan digital yang canggih. Perpustakaan senilai Rp12 miliar itu memungkinkan mahasiswa mengakses buku apa saja yang ada dalam katalog perpustakaan secara virtual.

Jika sudah kerjasama, perpustakaan digital itu akan disambungkan dengan perpustakaan milik IAINU Tuban. Sehingga, mahasiswa IAINU Tuban bisa mengakses buku-buku di perpustakaan digital Unisma.

Sementara, Rektor IAINU Tuban Akhmad Zaini, S.Ag, M.Si menambahkan, bahwa upaya-upaya pengembangan kampus maupun SDM nya merupakan langkah untuk membuat IAINU Tuban semakin maju dan profesional. Sehingga, warga Tuban, khususnya warga NU di Tuban  mempunyai kampus yang bagus dan berkualitas.

‘’Agar tidak perlu jauh-jauh kalau ingin kuliah. Perbaikan, pengembangan dan upaya untuk maju terus kita lakukan,’’ katanya.(*)

 

Penulis/Editor : Sri Wiyono

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.